Milad ke-32 Perguruan Pencak Silat Basmalah Blitar Gelar Latihan Bersama

Milad ke-32 Perguruan Pencak Silat Basmalah Blitar Gelar Latihan Bersama
Aksi silat anggota Perguruan Seni Bela Diri Pencak Silat Tenaga Dalam Basmalah (Foto: Martono/ Narasinews.id)

NARASINEWS.ID – Memperingati hari ulang tahun berdirinya Perguruan Seni Bela Diri Pencak Silat Tenaga Dalam Basmalah (PPS Basmalah) ke-32 dan Halal Bihalal, Pengurus Pusat mengadakan latihan bersama.

Acara tersebut dilaksanakan di Perguruan Pusat PPS Basmalah Jalan Aryo Blitar No. 40, Kelurahan Blitar, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar, Minggu (05/05/2024).

Hadir dalam acara tersebut pengurus pusat, pengurus cabang, pengurus ranting, pengurus rayon dan di hadiri oleh sejumlah tokoh masyarakat.

Dalan sambutanya, Ketua Umum Pusat PPS Basmalah, Mohamad Irwansyah (Gus Irwan) pada milad ke-32 ini dirinya merasa terharu karena anggota Basmalah bisa berkumpul kembali.

Latihan 20 jurus inti dasar tenaga dalam

"Sejak meninggalnya Abah (H.M Sunayo) PPS Basmalah sempat vakum sebentar, namun lambat laun bisa berjalan kembali berkat semangat rekan-rekan semua yang mau terjun ke tempat latihan," jelas Gus Irwan.

Dirinya berharap dengan aktifnya lagi PPS Basmalah bisa menambah persaudaraan antar sesama anak bangsa dan bisa menjaga ajaran PPS Basmalah yang telah diajarkan almarhum abahnya. 

Diketahui prosesi pertama dalam acara ini adalah istiqosah, halal bihalal dilanjutkan dengan berziarah ke makam pendiri PPS Basmalah almarhum H.M Sunaryo.

Selanjutnya menginjak acara inti, Perguruan PPS Basmalah yang berdiri sejak tahun 1992 tersebut melakukan latihan bersama dengan mengenalkan aksi pencak silat, 20 jurus inti dasar tendan teknik pengepulan (teknik pernafasan duduk).

Latihan pengepulan atau teknik pernafasan duduk

Selain mengajarkan pencak silat dan tenaga dalam, PPS Basmalah juga mengajarkan teknik penyembuhan, salah satunya dengan pijat totok syaraf serta materi amalan wirid maupun puasa sunah.

Siapapun bisa masuk perguruan ini baik anak-anak yang sudah cukup umur, remaja maupu dewasa, karena PPS Basmalah mempunyai moto yaitu sehat badan sehat iman.

Sekarang banyak angggota PPS Basmalah sudah tersebar diantaranya Kabupaten Tulungagung dan Kabupaten Trenggalek atau kota yang lain. [MRT]