Tempat Wisata di Situbondo yang Menarik Dikunjungi

Di daerah yang terkenal dengan Kota Santri ini, ternyata terdapat cukup banyak Tempat Wisata di Situbondo yang menarik dikunjungi.

Tempat Wisata di Situbondo yang Menarik Dikunjungi
Salah satu tenpat wisata di Situbondo yang dikunjungi Gubernur Jatim adalah Kawasan Merak-Baluran. (Foto: Narasinews.id)

NARARISNEWS.ID- Daerah-daerah di ujung timur Jawa Timur memang memiliki banyak pesona. Selain Banyuwangi, ada Situbondo. Di daerah yang terkenal dengan Kota Santri ini, ternyata terdapat cukup banyak Tempat Wisata di Situbondo yang menarik dikunjungi.

Tentu bagi wisatawan yang hendak ke Bali atau Banyuwangi, tidak ada salahnya berkunjung ke Situbodno. Habiskan waktu libur atau santai di rumah ke tempat wisata di Situbondo.

Termpat Wisata di Situbondo, Merak Baluran Sangat Menarik

Tempat wisata di Situbondo yang sempat ramai diperbincangkan adalah Kawasan Merak. Daerah yang masih berada di wilayah Taman Nasional Baluran ini menawarkan berbagai macam keindahan. Cukup banyak Pantai yang indah dengan hamparan pasir berwarna putih.

Berikut kami sebutkan hal-hal yang dapat memanjakan mata di Wilayah Merak, Baluran.

 

1.      Kelompok Sapi yang DIbiarkan ‘Mengembara’

Merak sejatinya merupakan nama suatu dusun yang berada di Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo. Untuk sampai ke Kawasan tersebut, para pengunjung sudah bisa menggunakan kendaraan, baik roda dua atau roda empat. Sebab jalan menuju daerah tersebut sudah mulai diperbaiki.

Berbeda dengan beberapa tahun silam. Untuk menuju Kawasan Merak, pengunjung tidak bisa menggunakan mobil atau kendaraan roda empat lainnya. Yang bisa hanyalah menggunakan sepeda motor. Namun pengunjung harus rela roda kendaraannya ‘berjibaku’ dengan batu-batu yang menghantui perjalanan menuju lokasi.

Namun proses yang lumayan sulit itu tidak seberapa dibanding banyaknya hal-hal menarik di Kawasan Merak. Salah satu hal yang menurut penulis menarik adalah banyaknya kelompok-kelompok sapi yang berjalan memenuhi jalan. Bahkan seringkali terlihat sapi-sapi itu berjalan tanpa ada orang yang menjaga.

Namun anehnya, menurut informasi dari masyarakat setempat, sapi-sapi tersebut akan kembali ke kendang masing-masing jika sudah waktunya pulang. Mereka seakan mengerti tempat untuk pulang.

Jika beruntung, wisatawan dapat melihat pemandangan unik ini dalam perjalanan menuju ke Kawasan Merak.

 

2.       Pantai Sijile

Tempat pertama yang bisa dikunjungi adalah Pantai Sijile. Di tempat wisata ini, para pengunjung akan melihat pemandangan daratan yang menjorok ke laut.

Penamaan Sijile sendiri menurut berbagai sumber memiliki arti lidah (dalam bahasa madura jile). Hal tersebut disebabkan pemandangan yang unik saat air laut surut. Yakni daratan yang menjorok ke lautan tersebut akan tampak seperti jile atau lidah.

Tak hanya itu, di lokasi tersebut pada biasanya ombak sangat tenang. Cocok untuk wisatawan yang ingin menikmati ketenangan dan bersantai Bersama pasangan atau keluarga.

 

3.       Pantai Lempuyang

Salah satu pantai yang penulis cukup sukai adalah Pantai Lempuyang. Lokasinya masih berada di Kawasan Merak-Baluran. Namun perlu diketahui, berdasarkan informasi yang penulis terima, Pantai Lempuyang memiliki di Kawasan Merak ada dua. Yakni Lempuyang 1 dan Lempuyang 2.

Dua-duanya sangat indah. Namun tempat yang lebih penulis sukai adalah Lempuyang 2. Mengapa demikian? Sebab di lokasi tersebut terdapat pemandangan yang luar biasa. Pasirnya putih dan keadaan masih asri. Bahkan tampak seperti Pantai Perawan yang jarang disentuh.

Hanya saja, untuk menuju Lempuyang 2, perlu sedikit ada perjuangan. Dari lempuyang 1, pengunjung harus menaiki bukit batu. Dari atas bukti batu itu, kita dapat melihat dari ketinggian keindahan Kawasan Merak-Baluran.

Dari atas bukit itu, kita tinggal turun sedikti. Dan, selamat datang. Anda akan disambut dengan pasir Pantai yang begitu putih nan indah. Keadaan alam yang tidak akan ditemukan di tempat lain. Pantai perawan dengan segala hal yang menarik perhatian.

  

 Berbagai Wisata Pantai Ada di Kawasan Merak

Selain Sijile dan Lempuyang, di Kawasan Merak masih cukup banyak pantai-pantai yang indah dan layak dikunjungi. Seperti Pantai Balanan, Kakapa, dan Pantai Merak itu sendiri. Dari saking banyaknya, penulis tikda bisa menyebutkan semuanya satu persatu.

 

Pentai Firdaus Banongan Jadi Tempat Wisata di Situbondo yang Layak Dikunjungi

Selain merak, salah satu tempat wisata di Situbondo yang layak dikunjungi adalah Pantai Firdaus Banongan. Nama Firdaus sendiri merupakan salah satu nama Surga. Mungkin penamaan tersebut diberikan untuk menunjukkan keindahan Pantai Banongan yang sangat luar biasa.

Pantai Firdaus Banongan berada di Desa Wringinanom, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo. Untuk menuju lokasi Pantai ini, wisatawan bisa mencari PG Asembagus. Kemudian ke utara di pertigaan pasar dekat PG Asembagus.

Selama di perjalanan, wisatawan akan banyak melihat pemandangan tanaman tebu di kanan dan kiri jalan. Suasana pedesaan sangat kental dalam perjalan menuju ke Pantai Firdaus.

Keindahan apa yang bisa didapat di Pantai Banongan? Selain pantainya yang indah, suasana di lokasi juga sangat sejuk. Sebab di lokasi tersebut terdapat banyak sekali pohon cemara udang. Selain itu pengunjung juga bisa bersantai di gazebo-gazebo yang sengaja dibuat untuk memanjakan pengunjung.

Tak lupa pula, pemandangan laut yang indah juga menjadi daya Tarik. Ombak tenang, remaja hingga dewasa bisa mandi serta bermain dengan air di lokasi tersebut.

 

Wisata Religi Salafiyah Syafiiyah Sukorejo

Nampaknya kurang pas kalau ke Kota Santri tidak mengunjungi asta (makam-red) Pahlawan Nasional RI KHR As’ad Syamsul Arifin. Lokasinya berada di sekitar Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah Sukorejo. Tepatnya di sebelah barat masjid yang berdekatan dengan asrama putra di Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah Sukorejo.

Setiap  harinya, cukup banyak yang datang ke asta tersebut. Karena KHR As’ad Syamsul Arifin merupakan tokoh agama yang sangat tersohor. Tidak hanya di Kabupaten Situbondo, tokoh yang dikenal dengan kealimannya ini juga cukup terkenal di Indonesia.

Tak cukup itu saja, perjuangannya untuk bangsa dan negara juga luar biasa. Pantas saja jika kemudian KHR As’ad Syamsul Arifin dinobatkan sebagai salah satu Pahlawan Nasional Republik Indonesia.