Guntur Romli: Kalau Kyai dan Partai Perintah, Saya Siap Maju Pilkada Situbondo 2024

Guntur Romli: Kalau Kyai dan Partai Perintah, Saya Siap Maju Pilkada Situbondo 2024
Sosok Guntur Romli, Tokoh Nasional yang digadang-gadang maju Pilkada Situbondo 2024. (Foto: Guntur Romli for Narasinews.id)

NARASINEWS.ID - Nama H Mohamad Guntur Romli mulai santer disebut-sebut akan maju Pilkada Situbondo tahun 2024. Kader PDI Perjuangan kelahiran Asembagus 17 Maret 1978 itu menjadi nama terbaru dibanding nama-nama lain yang akan maju dalam Pilkada Situbondo. Guntur Romli yang merupakan alumnus Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Sumenep Madura dan melanjutkan studinya di Univesitas Al-Azhar, Cairo Mesir lebih dikenal sebagai tokoh nasional asli Situbondo yang sering muncul di media-media nasional, baik televisi dan berita online.

Benarkah Guntur Romli akan maju di Pilkada Situbondo? Apa saja visi dan misinya? Berikut hasil wawancara kami.

 

Redaksi : Nama anda disebut-sebut di medsos akan maju Pilkada Situbondo 2024, apa benar?

 

Guntur Romli : Itu dukungan spontan dari sahabat-sahabat dan kawan-kawan saya, saya ingin mengucapkan terima kasih. Suatu penghargaan bagi saya. Tapi saya saat ini ada penugasan dari DPP PDI Perjuangan di Tim Pemenangan Nasional untuk Pilkada Serentak tahun 2024 yang akan mengurusi pemenangan di 545 Pilkada, baik di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota.

 

Redaksi : Tapi apa benar nanti akan maju?

 

Guntur Romli : Saya ini santri dan kader partai. Maka maju dan tidaknya saya tergantung dua faktor. Pertama kalau Kyai memerintahkan dan merestui saya, maka saya sami'na wa atha'na. Kedua, kalau Partai memerintahkan saya, maka saya sebagai kader harus siap.

 

Redaksi : Mau maju Cabub atau Cawabub?

 

Guntur Romli: Saya tidak berambisi pada suatu jabatan, tergantung Kyai dan Partai mau perintahkan saya di posisi apa, saya siap mau. Cabub siap, jadi cawabub juga siap. Tidak ada masalah, karena jabatan dan kekuasaan itu hanya wasilah untuk memperjuangkan kemaslahatan rakyat. Saya ingin mengutip dawuh Gus Dur, politik itu harus memperjuangkan kemaslahatan orang banyak. Jadi tidak masalah apapun posisi dan jabatannya yang penting bermanfaat dan bermaslahat bagi orang banyak.

 

Redaksi : Apa visi dan misi untuk Situbondo ke depan?

 

Guntur Romli : Situbondo memiliki potensi yang luar biasa tapi belum maksimal. Penjajah seperti Belanda saja sudah tahu potensi daerah Situbondo yang dulu lebih dikenal sebagai Panarukan, bikin jalan Anyer sampai Panarukan, bangun pabrik-pabrik gula, artinya daerah Situbondo ini sudah menjadi perhatian dari zaman penjajahan, masa kita yang orang Situbondo sendiri tidak bisa melihat potensi ini. Kita ini punya semuanya di Situbondo. Punya laut, gunung, hutan, perkebunan, sawah, ladang. Kemudian manusia-manusianya juga luar biasa karena peran pesantren melalui pendidikan. Kita maksimalkan saja dua faktor ini, alam, pertanian, perkebunan, perdagangan untuk kesejahteraan rakyat, kebangkitan ekonomi dan membuka lapangan pekerjaan, kemudian pendidikan pesantren untuk terus meningkatkan kualitas manusia Situbondo, sudah akan luar biasa Situbondo. Apalagi nanti kalau sudah selesai Tol Trans Jawa sampai Situbondo, maka, Situbondo akan menjadi kekuatan baru bagi penopang perekonomian Indonesia. Dampak akan positif semua, tapi detailnya nanti saja, kalau benar-benar sudah ada restu dari Kyai dan perintah dari partai. (red)