Polisi Bekuk 4 Pelaku Illegal Logging Kayu Jati di Blitar

Polisi Bekuk 4 Pelaku Illegal Logging Kayu Jati di Blitar
Press release penangkapan 4 pelaku illegal logging oleh Polres Blitar (Foto: Martono/ Narasinews.id)

NARASINEWS.IDPolres Blitar melalui dan Perum Perhutani KPH Blitar mengamankan empat pelaku penebang kayu jati alias illegal loging di Blitar.

Keempat pelaku adalah NEW (53) alias Nahum warga Magetan, AN (44) sebagai bos serta NH (33) dan TW (33) ketiganya adalah warga Kecamatan Doko Kabupaten Blitar. 

Menurut, AKBP Wiwit Adi Satria Kapolres Blitar tiga pelaku diamankan di kawasan hutan di Kecamatan Doko Kabupaten Blitar, dan untuk pelaku NEW di tangkap di lokasi padat penduduk di daerah kebayoran lama Jakarta Selatan.

"Aktor intelektual pembalakan liar ini adalah NEW yang sempat bersembunyi di wilayah jakarta," ujanya saat press release, Selasa (14/05/2024).

Dari hasil pemeriksaan empat tersangka Polisi mengamankan 101 log kayu jati dengan lingkar 100 sentimeter.

"Menurut keterangan NEW bahwa dirinya sedang di jakarta karena ada kegiatan di sana, pelaku ini sudah mengetahui teman-temanya ditangkap pelaku," kata Kapolres.

Lanjutnya, Polisi juga menyita 8 tunggak atau tunggul jati bekas ditebang beserta gergaji mesin dan seutas tambang penarik kayu. 

"Ada 8 potong tunggak kayu hasil lacak balak, satu buah tali tambang sepanjang 20 meter, gergaji mesin, dan 1 buah handphone kita amankan sebagai barang bukti," imbuhnya. 

Tiga tersangka ditangkap di Blitar sedangkan otak kejahatan diringkus di Jakarta selatan. Kini para tersangka ditahan di Mapolres Blitar untuk pemeriksaan lebih lanjut. 

Menurut Kapolres Blitar, atas laporan Perhutani, keempat tersangka diduga melanggar pasal 82 ayat 1 huruf c Undang-undang nomor 18 tahun 2013 dengan ancaman kurungan maksimal 5 tahun penjara. [MRT]