Akses Masuk Sempit, Damkar Kesulitan Padamkan Kebakaran di Kelurahan Tisnonegaran Probolinggo

"Kebetulan saat itu saya sedang berada di luar rumah, dan yang mengetahui pertama kali, tetangga sekitar," terang Kadar

Akses Masuk Sempit, Damkar Kesulitan Padamkan Kebakaran di Kelurahan Tisnonegaran Probolinggo
Petugas Damkar Kota Probolinggo memadamkan api yang membakar rumah Kadar. (Foto : Raphel/Narasinews.id)

Narasinews.id, PROBOLINGGO - Rumah Warga di Jalan Kartini, Rt 3, Rw 4, Nomor 38, Kelurahan Tisnonegaran, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo ini hangus terbakar, Senin (8/5/2023).

Kadar, pemilik rumah mengatakan, jika peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 21.30 WIB. "Kebetulan saat itu saya sedang berada di luar rumah, dan yang mengetahui pertama kali, tetangga sekitar," terangnya.

Ketika pasca kebakaran, Kadar dan warga setempat sempat panik. Bahkan warga sekitar sempat memadamkan api secara manual, namun karena api membakar bagian atas alhasil upaya tersebut gagal.

"Ya kita kan memadamkan api dari bawah dengan menggunakan air dan timba, hingga tak berselang lama mobil pemadam datang," tambahnya.

Namun meskipun mobil pemadam berkapasitas 3000 liter dan 5000 liter tiba di lokasi, petugas damkar sempat kesulitan. Karena memang akses jalan yang sangat sempit dan susah dijangkau.

Kabid Damkar Kota Probolinggo, Abdul Kholiq juga mengatakan, dirinya bersama personilnya sempat kesusahan. "Jadi kita semprot dari samping kanan dan kiri rumah tersebut, tapi ya untungnya upaya tersebut membuahkan hasil," tuturnya.

Hingga akhirnya, api berhasil dipadamkan setelah satu jam.Di mana bagian rumah yang hangus terbakar antara lain yakni, 4 kamar tidur di bagian lantai dua.

Beruntung dalam insiden tersebut, tidak sampai menelan korban jiwa. "Penghuni rumah untungnya bisa langsung keluar dari rumah tersebut, untuk kerugian material kita masih melakukan pendataan, namun ditafsirkan sekitar 30 hingga 50 jutaan," tandas Abdul Kholiq. (*) 

*Reporter : Raphel | Editor : Fathur Rozi