Hadiri 8 Tahun PSN, Menko Airlangga Sebut Nilainya Lebih 1000 T

"PSN ini sudah berjalan 8 tahun totalnya sudah selesai sekitar 156 PSN dengan nilai lebih dari 1000 triliun di seluruh Indonesia," ucap Menko Airlangga

Hadiri 8 Tahun PSN, Menko Airlangga Sebut Nilainya Lebih 1000 T
Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto menghadiri kegiatan Sewindu Proyek Strategis Nasional (PSN). (Foto : Nanda/Narasinews.id)

Narasinews.id, JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, Airlangga Hartarto, menghadiri kegiatan Sewindu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang di gelar oleh KPPIP di Taman Literasi Martha Christina Tiahahu, Jakarta, Senin (8/5/2023).

Menko Airlangga mengungkapkan, PSN sudah berjalan 8 Tahun dan hingga saat ini total pekerjaan yang sudah selesai sekitar 156 PSN dengan nilai lebih dari 1000 triliun di seluruh Indonesia.

"PSN ini sudah berjalan 8 tahun totalnya sudah selesai sekitar 156 PSN dengan nilai lebih dari 1000 triliun di seluruh Indonesia," ucapnya.

Proyek yang dikerjakan antara lain, jalan tol, kereta api, bendungan, MRT, sektor otomotif dan gas.

Menurut Airlangga, salah satu masalah klasik yang membuat proyek yang dijalankan terhambat adalah pembebasan lahan.

"Ya pertama yang paling klasik masalah pembebasan lahan jadi banyak project terlambat karena pembebasan lahan dan tentu dengan KPPIP itu juga akan diselesaikan," ucap Airlangga.

Selain itu, Ketua Umum Partai Golkar ini menjelaskan, bahwa pembangunan infrastruktur akan menurunkan biaya transportasi dan menurunkan biaya logistik.

Airlangga menambahkan, Indonesia merupakan salah satu negara yang biaya logistiknya paling mahal karena negara kepulauan. Dia mencontohkan Jayapura dan Sorong yang biaya logistiknya mahal.

"Karena dengan infrastruktur jalan yang lebih baik maka transfortasi akan lebih rendah, kalau ongkos transportasi rendah barang -barang konsumen tentunya akan lebih murah kalau lebih murah akan menguntungkan masyarakat secara keseluruhan," ujar Airlangga. (*) 

*Reporter : Nanda | Editor : Fathur Rozi