Tradisi Unik di Probolinggo, Sapi Diarak Sebelum Disembelih, Ini Tujuannya

“Kan ini juga dihadiri oleh seluruh kalangan masyarakat, mulai anak – anak hingga orang dewasa. Jadi selain mempertahankan tradisi agar tidak hilang seiring berkembangnya zaman, kita juga memberikan edukasi terhadap generasi penerus bangsa,” terang Holili

Tradisi Unik di Probolinggo, Sapi Diarak Sebelum Disembelih, Ini Tujuannya
Warga mengiringi proses arak-arakan sapi di Probolinggo. (Foto: Raphel/Narasinews.id)

PROBOLINGGO, NARAAINEWS.ID – Di Kota Probolinggo ada tradisi unik dalam menyambut Hari Raya Qurban, kamis (29/6/2023). Yakni mengarak hewan qurban selepas Salat Ied. Sapi yang hendak disembelih itu sebelum diarak juga dihias kalung bunga dan kain putih.

Diketahui tradisi tersebut merupakan giat tahunan yang diadakan oleh warga Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo. Tentu saja giat tersebut menjadi tontonan warga setempat. Mereka menyaksikan prosesi arak-arakan sapi seraya mengumandangkan takbir.

Tak hanya itu, arak – arakan hewan qurban juga diiringi oleh tabuhan dari bebrapa alat marching band. Hal itu semakin membuat kegiatan itu semakin meriah.

Holili, salah seorang warga mengatakan,  mengarak sapi memang merupakan tradisi tahunan.

“Kan ini juga dihadiri oleh seluruh kalangan masyarakat, mulai anak – anak hingga orang dewasa. Jadi selain mempertahankan tradisi agar tidak hilang seiring berkembangnya zaman, kita juga memberikan edukasi terhadap generasi penerus bangsa,” terangnya.

Selain itu, tradisi meenghias dan mengarak sapi ini juga diharapkan menjadi pemikat masyarakat untuk melaksanakan qurban. (*) 

*Reporter: Raphel | Editor: Izzul Muttaqin