Menggali Bakat, Mengasah Kemampuan Dalam Ajang FLS2N Tahun 2023

"Saya berharap ini bisa menjadi momentum untuk anak-anak mengembangkan karya dan bakatnya. Karena tema dari FLS2N tahun ini adalah "Kita Wujudkan Profil Pelajar Pancasila," ucap Nur Miftahul Fuad

Menggali Bakat, Mengasah Kemampuan Dalam Ajang FLS2N Tahun 2023
Penampilan pelajar SMP di ajang FLS2N 2023. (Foto : Fedho/Narasinews.id)

Narasinews id, KEDIRI- Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri menggelar Festival Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2023 jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Kegiatan yang menampilkan bakat, kreativitas dan skill dari para pelajar, Senin (17/4/2023). Kegiatan tersebut berlangsung di Aula SMPN 1 Plemahan. 

Seleksi FLS2N tingkat SMP akan berlangsung pada tanggal 17-18 April 2023, terdapat lima cabang seni yang diperlombakan. Antara lain menyanyi solo, ilustrasi digital, musik tradisional, tari kreasi, ansambel musik. Bagi sang juara nantinya akan mewakili Kabupaten Kediri pada ajang FLS2N tingkat Provinsi hingga ke tingkat Nasional.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri, Nur Miftahul Fuad, mengatakan kegiatan FLS2N merupakan ajang kreativitas bagi para siswa agar dapat menunjukkan skill dan bakatnya. Yang pada akhirnya akan mewakili Kabupaten Kediri pada ajang FLS2N tingkat provinsi bahkan nasional.

"Saya berharap ini bisa menjadi momentum untuk anak-anak mengembangkan karya dan bakatnya. Karena tema dari FLS2N tahun ini adalah "Kita Wujudkan Profil Pelajar Pancasila," ucapnya. 

Fuad menambahkan, setelah kompetisi ini, diharapkan dapat membangun iklim kolaborasi sekolah-sekolah yang menjadi pemenang bisa berbagi pengalaman dan bisa berbagi hal-hal positif kepada sekolah lain.

Pada kesempatan tersebut Fuad menjelaskan pula bahwa, Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana, atau akrab disebut Mas Dhito memberikan apresiasi kepada para siswa/siswi yang berprestasi. Jika nanti ada wakil dari Kabupaten Kediri yang berhasil merebut juara ditingkat provinsi bahkan nasional akan diberikan penghargaan khusus.

"Saat ini Mas Bupati fokus pada kondisi anak-anak yang kurang mampu yang sangat dikhawatirkan bisa mengalami putus sekolah", jelasnya

"Untuk menghapus angka putus sekolah di Kabupaten Kediri Mas Dhito sapaan akrabnya telah menyiapkan beasiswa prestasi dan anak tidak mampu melalui GNOTA. Jadi sudah tidak ada alasan lagi bagi siswa untuk tidak melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi," terannya

Menurut salah satu peserta, Riangga Imanuel, dari SMPN 2 Ngancar, mengaku punya target juara pada ajang kali ini. Persiapannya selama satu minggu giat berlatih untuk membentuk kekompakan.

"Walaupun persiapannya terbatas, namun tetap targetkan juara mewakili Kabupaten Kediri ditingkat provinsi maupun nasional," tegasnya. (*) 

*Reporter : Fedho | Editor : Fathur Rozi