Koleksi 20 Medali, Jember Sukses Menduduki Peringkat 5 FORDA Jatim 2023

"Ini merupakan pencapaian yang spektakuler. Mengingat, baru kali pertama digelar, tapi bisa berada pada posisi lima besar. Kami membawa pulang medali dari sebelas induk olahraga (inorga) yang diikuti," kata H.Tri Basuki

Koleksi 20 Medali, Jember Sukses Menduduki Peringkat 5 FORDA Jatim 2023
Para atlet Jember yang turun di ajang FORDA Jatim 2023. (Foto : Sutrisno/Narasinews.id)

NARASINEWS.ID, JEMBER - Para atlet Kabupaten Jember berhasil menorehkan catatan membahagiakan saat mengikuti Festival Olahraga Masyarakat Daerah (FORDA) 1 Jatim 2023, yang digelar di Malang pada 27 Mei - 30 Mei 2023. 

Tercatat, Kabupaten Jember berhasil berada di posisi lima besar di antara kabupaten/kota se-Jawa Timur, dengan mendulang 20 medali yang terdiri atas 5 medali emas, 8 medali perak, dan 7 medali perunggu.

Ketua Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Jember H. Tri Basuki mengaku bangga atas capaian yang luar biasa tersebut. Bahkan ia menyebutnya capaian itu sangat spektakuler karena baru kali pertama digelar dan diikuti.

"Ini merupakan pencapaian yang spektakuler. Mengingat, baru kali pertama digelar, tapi bisa berada pada posisi lima besar. Kami membawa pulang medali dari sebelas induk olahraga (inorga) yang diikuti," katanya, dikonfirmasi Rabu, (31/5/2023)

Menurut dia, selama ini persiapan demi persiapan yang dilakukan para atlet juga sangat luar biasa. Mulai tahapan seleksi, TC, hingga menjelang pertandingan, semuanya telah bekerja keras. Dia juga menuturkan bahwa peringkat lima bukanlah peringkat yang sesungguhnya. “Saya yakin Jember bisa berada pada peringkat yang lebih tinggi jika melakukan hal yang sama seperti kabupaten/kota lain," sebut dia.

Dalam kompetisi perdana tingkat Jawa Timur itu, Kabupaten Jember mengikuti 11 inorga dari total sebanyak 31 inorga, dengan atlet yang diberangkatkan sekitar 102 atlet untuk bertanding dalam inorga yang diikuti. 

Sementara Surabaya dan Malang yang bertengger pada peringkat pertama dan kedua, masing-masing mengeluarkan 290 atlet dan 698 atlet. "Surabaya dan Malang tercatat mengikuti seluruh induk olahraga," imbuh dia.

Dari persentase atlet yang turun jika sama dengan kedua kota tersebut, pihaknya optimistis Jember bisa juara. Untuk itu, pada perhelatan FORDA mendatang, Jember pasti bisa juara jika mampu mengikuti seluruh inorga yang dilombakan.

"Harapannya, ke depan masyarakat dan setiap sekolah berperan aktif untuk melaksanakan olahraga masyarakat ini. Apalagi setiap inorganya cukup simple dan sangat menarik. Dengan begitu, Jember mampu memiliki bibit atlet untuk mengikuti Forda kedua dan seterusnya," pungkasnya. (*) 

*Reporter : Sutrisno