Bupati Hendy Berangkatkan 230 Penumpang KA Pandalungan Pada Operasi Perdana di Daop 9 Jember

"Karena dari Jember langsung ke Jakarta dan langsung di daerah Monas," kata Bupati Hendy

Bupati Hendy Berangkatkan 230 Penumpang KA Pandalungan Pada Operasi Perdana di Daop 9 Jember
Bupati Hendy menyapa salah satu penumpang KA Pandalungan. (Foto : Sutrisno/Narasinews.id)

NARASINEWS.ID, JEMBER- Bupati Jember Hendy Siswanto meresmikan operasi perdana Kereta Api (KA) Pandalungan di Stasiun Daop 9 Jember, Jawa Timur, Kamis (1/6/2023).

Persemian operasi tersebut, Bupati Hendy memberang 230 penumpang pertama KA relasi Jember-Gambir dengan jarak tempuh 919 kilometer.

Bupati Jember Hendy Siswanto menilai Kereta Api Pandalungan ini jarak tempuh paling jauh di Indonesia. Sebab rute perjalananya dari wilayah timur hingga barat pulau Jawa. "Karena dari Jember langsung ke Jakarta dan langsung di daerah Monas," katanya.

Hadirnya kereta api baru dari PT. KAI ini, kata Hendy, merupakan hadiah istimewa bagi warga Jember. Karena, rute perjalanan menuju Jakarta lebih cepat, ketimbang transportasi darat lainnya.

"Jadi berangkat dari Jember Sore, sampai di sana pagi. Sehingga bagi warga Jember yang punya kegiatan bisnis di Jakarta, tidak perlu nginep lama lama, cukup di dalam kereta saja," papar Hendy.

Selain itu, lanjut dia, keberadaan Kereta api baru ini akan menjadi trobosan baru dalam menyelesaikan masalah transportasi darat saat ini.

Direktur Niaga KAI Hadis Surya Palapa memaparkan mengucapkan terima kasih atas respon positif masyarakat Jember atas pengoperasian KA Pandalungan. 

"Kami berharap pengoperasian KA Pandalungan dapat meningkatkan mobilitas masyarakat untuk mendukung kebangkitan ekonomi pasca pandemi," tanggapnya.

Perjalanan perdana ini, kata Hadis, KAI j memberikan tarif tiket promo KA Pandalungan senilai Rp. 300.000 bagi penumpang, supaya bisa menarik minat pelanggan.

"Disamping itu, sebagai bentuk apresiasi dari KAI, khusunya bagi 100 pelanggan pertama KA Pandalungan yang boarding untuk keberangkatan pada hari ini," papar Hadis.

Sementara ini, lanjut Hadis, peluncuran KA Pandalungan ini merupakan implementasi peningkatan pelayanan KAI.

Kata dia, supaya dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat Jember dan sekitarnya. Agar bisa bepergian menuju ibukota dengan kepastian jadwal.

“Diambilnya nama Pandalungan sebagai nama Kereta Api dari Jember tujuan Jakarta, adalah sebagai bentuk apresiasi KAI untuk masyarakat Pandalungan yang mayoritas berdomisili di wilayah tapal kuda. Harapannya, kalau orang di wilayah tapal kuda mau bepergian, naiknya ya kereta api Pandalungan,”paparnya 

Setiap kali perjalanan, kata Hadis, KA Pandalungan, membawa 8 kereta gerbong eksekutif dengan kapasitas 400 tempat duduk.

"Selama dua minggu pertama di bulan Juni KA Pandalungan akan beroperasi setiap hari, kemudian di minggu ketiga dan keempat akan berjalan pada hari Kamis sampai dengan Senin," katanya. (*) 

*Reporter : Sutrisno