Berstatus Siaga, Aktivitas Wisata di Bromo Berjalan Normal

"Namun tetap waspada hati-hati dan aktif untuk mengikuti atau mencari informasi tentang dinamika Gunung Bromo," ujar Kasi Humas TNBTS, Syarif Hidayatullah

Berstatus Siaga, Aktivitas Wisata di Bromo Berjalan Normal
Kabut tebal menyelimuti Gunung Bromo di Probolinggo. (Foto : Raphel/Narasinews.id)

Narasinews.id, PROBOLINGGO-Meskipun Gunung Bromo berstatus level III (siaga), ternyata aktivitas wisata masih terlihat normal seperti biasa. Namun, dalam pers rilis oleh PGA Cemoro Lawang, PVMBG, serta Badan Geologi, Kemen ESDM tetap mengimbau pelaku wisata agar selalu meningkatkan kewaspadaanya. 

Kasi Humas TNBTS, Syarif Hidayatullah, menghimbau wisatawan dan penyedia jasa wisata di Gunung Bromo agar tetap tenang. "Namun tetap waspada hati-hati dan aktif untuk mengikuti atau mencari informasi tentang dinamika Gunung Bromo," ujarnya, Selasa (7/2/2023). 

Hal senada juga disampaikan, Petugas Pos Pengamatan Gunung Bromo, Rubiyo, meminta agar pengunjung atau wisatawan tidak memasuki kawasan dalam radius satu kilometer dari kawah aktif. "Untuk itu sikap waspada ini harus selalu bersikap waspada terhadap letusan freatik yang sifatnya tiba-tiba, tanpa didahului oleh gejala-gejala vulkanik yang jelas,”ucapnya. 

Diketahui untuk kondisi Gunung Bromo saat ini, terlihat jelas tidak tertutup kabut. Serta asap kawah bertekanan lemah berwarna putih dengan intensitas tipis, sedang, hingga tebal dengan radius 50 hingga 300 meter diatas puncak kawah. (*) 

*Reporter : Raphel | Editor : Fathur Rozi