Rumah Tertimpa Pohon Kelapa, Pemilik Rugi Jutaan Rupiah

"Hujan deras beserta angin kencang terjadi di Desa Bantal sejak pukul 16.30 WIB. Tiba-tiba pohon kelapa berdiameter sekitar 50 centimeter yang berada di belakang rumah korban tumbang," ujar Puriyono

Rumah Tertimpa Pohon Kelapa, Pemilik Rugi Jutaan Rupiah
Pohon kelapa yang berada di belakang rumah nenek Hamina roboh akibat diterjang hujan deras yang disertai angin kencang. (Foto BPBD Situbondo for Narasinews.id)

Narasinews.id, SITUBONDO - Cuaca ekstrem berupa hujan deras yang disertai dengan angin kencang melanda Desa Bantal, Kecamatan Asembagus, Situbondo, Senin (16/1/2023). Akibatnya pohon kelapa yang berada di Dusun Tenggara tumbang hingga menimpa rumah Hamina. Sehingga korban mengalami kerugian materil Rp5 juta. 

Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Situbondo, Puriyono, mengatakan peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 17.00 WIB. "Hujan deras beserta angin kencang terjadi di Desa Bantal sejak pukul 16.30 WIB. Tiba-tiba pohon kelapa berdiameter sekitar 50 centimeter yang berada di belakang rumah korban tumbang," ujarnya. 

Akibatnya menimpa atap kamar rumah nenek 72 tahun tersebut. Sehingga mengalami kerusakan dengan katagori berat. "Saat kejadian korban sedang berada di dalam rumahnya. Tiba-tiba ia mendengar suara seperti benda jatuh," beber Puriyono.

Kemudian keluarga nenek Hamina mengecek dan terkejut ternyata pohon kelapa yang berada di belakang rumahnya tumbang. "Petugas gabungan yang menerima laporan tersebut bergegas menuju lokasi kejadian," tegasnya.

Setibanya di lokasi kejadian, kata Puriyono, petugas gabungan yang terdiri dari Pusdalops BPBD Situbondo; Tagana Dinsos; TNI-Polri dan dibantu oleh warga sekitar langsung melakukan pemotongan pohon yang tumbang tersebut dengan menggunakan gergaji mesin (Chain Saw -red) serta peralatan lainnya.

"Alhamdulillah sekitar pukul 21.10 WIB, penanganan pohon kelapa yang tumbang itu selesai dilakukan. " Beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka akibat kejadian tersebut," imbuh Puriyono. 

Lebih jauh, Puriyono menduga, pohon kepala tersebut tumbang akibat hujan deras yang disertai dengan

angin kencang. Kondisi itu diperparah dengan akar pohon yang rapuh. "Akibat kejadian itu kamar korban korban ini mengalami kerusakan dengan katagori berat," pungkasnya. (*) 

*Reporter : Fathur Rozi