Pohon Tumbang, Arus Lalu Lintas di Jalur Pantura Kapongan Macet hingga Dua Kilometer

"Untuk mengurai kemacetan petugas dari Satlantas Polres Situbondo Pos Landangan memberlakukan sistem buka tutup," ujar Puriyono

Pohon Tumbang, Arus Lalu Lintas di Jalur Pantura Kapongan Macet hingga Dua Kilometer
Petugas memotong batang pohon trembesi yang tumbang di Jalan Raya Pantura Kapongan. (BPBD Situbondo for Narasinews.id)

Narasinews.id, SITUBONDO - Cuaca ekstrem berupa angin kencang terjadi di Desa Seletreng, Kecamatan Kapongan, Situbondo, Kamis (22/12/2022). Akibatnya pohon trembesi berdiameter 50 centimeter yang berada di tepi Jalan Raya Seletreng, tepatnya di kilometer 207 arah Surabaya tumbang. 

Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Situbondo, Puriyono, mengatakan akibat kejadian itu arus lalu lintas dari arah Surabaya menuju Banyuwangi maupun sebaliknya mengalami kemacetan hingga dua kilometer. "Untuk mengurai kemacetan petugas dari Satlantas Polres Situbondo Pos Landangan memberlakukan sistem buka tutup," ujarnya.

Lebih lanjut, Puriyono menyampaikan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 11.30 WIB. "Batang pohon menutupi badan jalan. Anggota kami yang menerima informasi itu langsung menuju TKP," tambahnya. 

Setibanya di lokasi Anggota Pusdalops BPBD Situbondo; Tagana; TNI-Polri dan dibantu oleh warga sekitar langsung melakukan pemotongan pohon dengan menggunakan gergaji mesin (Chain Saw). "Alhamdulillah sekitar pukul 12.45 WIB, penanganan pohon tumbang selesai dilakukan. Sehingga arus lalu lintas kembali lancar," tegasnya. 

Beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka akibat kejadian tersebut. "Karena waktu pohon trembesi ini tumbang tidak ada kendaraan dan warga yang melintas di TKP. Untuk kerugian materi juga nihil," pungkas Puriyono. (*) 

*Reporter : Fathur Rozi | Editor : Izzul Muttaqin