Perbaikan Pipa PDAM Rampung, Warga Pulau Gili Kembali Nikmati Air Bersih

"Kenapa kita baru memperbaiki ini karena sebelumnya kita sudah melakukan survei terlebih dahulu. Seperti kondisi cuacanya, kan ini berada di tengah laut lepas. Jadi kita menunggu kondisi cuaca cerah terlebih dahulu agar mengantisipasi hal - hal yang tidak diinginkan," tutur Ghandi Hartoyo

Perbaikan Pipa PDAM Rampung, Warga Pulau Gili Kembali Nikmati Air Bersih
Petugas PDAM melakukan perbaikan pipa air bersih yang sempat rusak karena terkena jangkar perahu nelayan. (Foto : Raphel/Narasinews.id)

Narasinews.id, PROBOLINGGO - Usai mengalami krisis air bersih selama 12 hari, kini Petugas PDAM Kabupaten Probolinggo telah memperbaiki saluran air bersih yang terhubung dari dataran Probolinggo menuju Pulau Gili Ketapang, Senin (9/1/2023). Saluran air bersih milik perusahaan plat merah tersebut sempat rusak akibat terkena jangkar kapal. 

Perbaikan pipa ini dimulai sejak pukul 10.00 WIB, dengan melibatkan 15 teknisi PDAM, serta tiga personel PDAM dari Kota Malang. 

Direktur Utama (Dirut) PDAM Kabupaten Probolinggo, Ghandi Hartoyo, mengatakan pihaknya menggunakan empat kapal milik nelayan agar sampai di lokasi pipa yang rusak. Yakni di tengah perairan Selat Jawa 

"Kenapa kita baru memperbaiki ini karena sebelumnya kita sudah melakukan survei terlebih dahulu. Seperti kondisi cuacanya, kan ini berada di tengah laut lepas. Jadi kita menunggu kondisi cuaca cerah terlebih dahulu agar mengantisipasi hal - hal yang tidak diinginkan," tuturnya.

Ghandi membeberkan, akibat terkena jangkar kapal, pipa saluran air bersih tersebut tertekuk. Sehingga pihaknya mengambil tindakan untuk memotong pipa itu sepanjang dua meter. Kemudian potongan pipa tersebut diganti dengan pipa yang baru sepanjang empat meter.

"Selain kita melakukan perbaikan pada pipa yang rusak. Kita juga kembali memberi rambu penanda pipa PDAM agar kapal yang melintas bisa tahu kalau di lokasi tersebut ada pipa milik PDAM," tambahnya.

Dengan adanya perbaikan pipa ini, Ghandi optimis bisa mengakhiri krisis air bersih yang menimpa warga di Pulau Gili. "Karena sudah diperbaiki, suplai air bersih untuk warga kembali normal," pungkasnya. (*)

*Reporter : Raphel | Editor : Fathur Rozi