Penyelenggaraan Job Fair 2022 oleh Disnaker Jember Diapresiasi Pencari Kerja

"Jelas ya, acara seperti ini sangat dirasakan dampaknya oleh pencari kerja. Karena tiap tahun kan ada puluhan ribu pelajar yang lulusan di Jember. Mulai jenjang SMP, SMA dan S1-sederajat," ujar Faisol, salah satu pencari kerja yang ikut dalam Job Fair 2022.

Penyelenggaraan Job Fair 2022 oleh Disnaker Jember Diapresiasi Pencari Kerja
Ratusan pencari kerja menjadi peserta Job Fair 2022 yang digelar Disnaker Jember di Gedung Serba Guna (GSB), Kecamatan Kaliwates. (Foto : Fathur Rozi/Narasinews.id)

Narasinews.id, JEMBER - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) menggelar Job Fair 2022 dengan tema 'Wes Wayae Pengangguran di Jember Berkurang', Kamis (24/11/2022). Acara tersebut berlangsung di Balai Serba Guna (BSG), Kecamatan Kaliwates. 

Faisol, salah satu pencari kerja yang ikut dalam Job Fair 2022 mengapresiasi kegiatan yang digagas instansi yang beralamat di Jalan Kartini, Nomor 2, Kepatihan, Kecamatan Kaliwates tersebut. Menurutnya kegiatan tersebut sangat efektif untuk mengurangi jumlah pengangguran di Kota Tembakau. 

"Jelas ya, acara seperti ini sangat dirasakan dampaknya oleh pencari kerja. Karena tiap tahun kan ada puluhan ribu pelajar yang lulusan di Jember. Mulai jenjang SMP, SMA dan S1-sederajat," ujar pria asal Desa Ajung, Kecamatan Kalisat ini. 

Lebih lanjut, Faisol mengaku, dirinya datang ke Job Fair 2022 dengan membawa berkas-berkas yang diperlukan. Seperti surat lamaran kerja, SKCK, ijazah terakhir, foto 3x4 dan lain sebagainya. 

"Alhamdulillah saya membawa beberapa map coklat yang isinya berkas lamaran kerja. Jadi di sini (Job Fair 2022 -red) ini kita diberi kesempatan memilih stan Loker yang kita minati," tegas pria lulusan SMK Islam Bustanul Ulum, Pakusari ini," ucapnya. 

Faisol mengaku, memiliki dua pengalaman kerja. Yakni di roko baju dan restoran yang ada di Kota Tembakau. "Saya lulusan tahun 2020 di jurusan penasaran SMK Islam Bustanul Ulum, Pakusari , alhamdulillah sudah pernah kerja," tegasnya. 

Sementara itu, Sekdisnaker Jember, Rifendi Wahyu, menjelaskan ada sekitar 35 perusahaan yang ikut serta dalam Job Fair 2022 ini. "Dan alhamdulillah hingga pukul 10.00 WIB, ada 589 pencari kerja yang sudah daftar sebagai peserta. Acara ini berlangsung hingga sekitar pukul 13.00 WIB," tuturnya. (*) 

*Reporter : Fathur Rozi | Editor : Izzul Muttaqin