Saat Bupati Jember Menjamu Kedatangan Dua Bacapres, Anies Pilih Hadir, Ganjar Pilih Warung Nasi Pecel

"Pak Bupati tidak pilih-pilih. Siapapun yang datang ke Jember akan diperlakukan sama selayaknya tamu yang harus dihormati oleh tuan rumahnya, apalagi Pak Ganjar dan Pak Anies sama-sama tokoh nasional," kata Edy

Saat Bupati Jember Menjamu Kedatangan Dua Bacapres, Anies Pilih Hadir, Ganjar Pilih Warung Nasi Pecel
Ganjar Pranowo menyantap nasi pecel Bu Ambar dan Anies Baswedan menghadiri jamuan makan di rumah pribadi Bupati Jember, Hendy Siswanto. (Foto : Sutrisno/Narasinews.id)

Narasinews.id, JEMBER - Sikap berbeda ditunjukkan oleh dua bakal calon presiden RI, Ganjar Pranowo dan Anies Rasyid Baswedan, yang diketahui sama-sama melakukan agenda kunjungan ke Jember, pada Sabtu dan Minggu (6-7 Mei 2023).

Perbedaan itu terlihat tatkala Bupati Jember Hendy Siswanto menyambut kedatangan dua tokoh Nasional tersebut dengan jamuan makan.

Bupati Hendy menawari Ganjar untuk jamuan makan di Pendapa Pemkab Jember, saat Ganjar mengunjungi masyarakat di acara Car Free Day (CFD) di Alun-alun Jember. Namun Bacapres yang diusung oleh PDI Perjuangan ini justru menolak dan lebih memilih makan di warung nasi pecel Bu Ambra di Jalan Citarum, tak jauh dari Alun-alun.

Berbeda dengan Anies. Awal kali kedatangannya dari Bandara Notohadinegoro Jember, Sabtu petang 6 Mei 2023, Bacapres yang diusung Partai NasDem ini kemudian menghadiri jamuan makan Bupati Hendy di kediamannya, Jalan Sultan Agung Kelurahan Jember Kidul, Kaliwates.

Kepala Bakesbangpol Jember Edy Budi Susilo menyebut, apa yang diupayakan oleh Bupati Hendy saat menjamu kedua tokoh Nasional ke Jember itu merupakan bentuk dari menghormati seorang tamu yang berkunjung ke Jember. Dan hal itu dinilainya sebagai tradisi yang biasa dilakukan oleh Bupati kepada siapapun. 

"Pak Bupati tidak pilih-pilih. Siapapun yang datang ke Jember akan diperlakukan sama selayaknya tamu yang harus dihormati oleh tuan rumahnya, apalagi Pak Ganjar dan Pak Anies sama-sama tokoh nasional," kata Edy, kepada awak media, Minggu 7 Mei 2023. 

Edy Budi juga mengatakan, sebenarnya Bupati Hendy sudah standby dan menunggu Ganjar, saat Gubernur Jawa Tengah dua periode itu tengah menyapa para relawan dan simpatisannya, di Alun-alun Jember. Bahkan di dalam Pendapa juga telah genap dengan hidangan sarapan pagi. 

Namun Ganjar sendiri rupanya lebih memilih hidangan sarapan paginya dengan menyantap nasi pecel, di sebuah warung yang berlokasi tak jauh dari Alun-alun. Kepada awak media saat itu, Ganjar menyebut kehadirannya di CFD Alun-alun Jember itu hanyalah sebagai masyarakat biasa. "Saya kesini kan sebagai rakyat biasa, (bukan selaku Gubernur)," kata Ganjar, menjawab singkat.

Pria yang khas dikenal dengan rambut putihnya ini juga mengagumi citarasa nasi pecel Bu Ambra tersebut. "Jember kota yang bagus. Saya senang nasi pecelnya ini. Saya akui enak, tidak hanya sayur pecel, tapi juga ada sayur gori yang dicampur peyek. Jadi, tambah enak," sebut dia.

Lain halnya dengan Anies. saat dijamu makan Bupati Hendy, ia mengatakan kedatangannya ke Jember untuk beberapa tujuan. "Insya Allah ke Haul Habib Sholeh Tanggul," kata Anies, menjawab singkat.

Selain itu, di kesempatan kunjungan ke lokasi lain di Jember, Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengaku kunjungannya itu merupakan bagian dari kontribusi dirinya kepada masyarakat yang telah diamanatkan untuk maju pencapresan. "Kami datang untuk mendengar aspirasi sebagai tanggung jawab mendapat amanah dari partai NasDem, PKS, dan Demokrat," aku mantan Gubernur DKI Jakarta itu. 

Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan memang menjadwalkan kunjungannya ke Jember, secara bersamaan, pada hari Sabtu dan Minggu (6-7 Mei 2023). 

Anies melakukan kunjungan ke sejumlah titik di Jember. Mulai dari kediamannya Bupati Hendy, lalu menuju ke kantor radio lokal di Tegal Gede, dan nongkrong di kafe. Kemudian mengunjungi Ponpes Al-Qodiri Gebang, bertemu pengasuhnya, KH Muzakky Syah, dan ke masjid Al Ghofilin Talangsari untuk shalat Subuh berjamaah, menziarahi Makan KH Muhammad Shiddiq. Dan terakhir menghadiri Haul Habib Sholeh Tanggul.

Sementara Ganjar Pranowo, memulai titik kunjungannya dengan bertemu Masyarakat Jember saat CFD di Alun-alun, lalu makan nasi pecel, kemudian siang harinya ke salah satu lembaga pendidikan milik Politisi PPP, di Kalisat. Dan pada menjelang petang, Ganjar bertemu dengan para relawan dan simpatisan serta para Banteng Jember, untuk melakukan konsolidasi Pilpres 2024, di GOR PKPSO Kaliwates. (*)

*Reporter : Sutrisno