Pesan Kepala Bakesbangpol Jember di Acara Evaluasi Magang MBKM FEB UNEJ

"Apakah mereka sudah sesuai dengan ketentuan yang ada atau belum. Hari ini kita evaluasi bersama," ujar Kepala Bakesbangpol Kabupaten Jember, Edy Budi Susilo.

Pesan Kepala Bakesbangpol Jember di Acara Evaluasi Magang MBKM FEB UNEJ
Kepala Bakesbangpol Jember, Edy Budi Susilo, menyampaikan keterangan pers kepada awak media di acara evaluasi magang MBKM FEB UNEJ. (Foto : Fathur Rozi/Narasinews.id)

Narasinews.id, JEMBER - Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Jember, Edy Budi Susilo, menghadiri acara evaluasi magang Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Universitas Jember (UNEJ), Kamis (24/11/2022). Acara tersebut berlangsung di Aula PB Soedirman. 

Dalam kesempatan tersebut, Edy mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk mengevaluasi bersama sejauh mana perkembangan magang mahasiswa yang akan berakhir pada 19 Desember mendatang. "Apakah mereka sudah sesuai dengan ketentuan yang ada atau belum. Hari ini kita evaluasi bersama," ujarnya.

Oleh karena itu, Edy berharap melalui kerjasama antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember dan UNEJ ini benar-benar bisa menghasilkan mahasiswa yang tidak hanya teks book di belakang meja saja. Tetapi juga memahami terhadap kultur birokrasi saat bekerja.

"Mereka di lapangan kan melihat, kemudian mencari atau menangkap masalah. Menganalisa masalah yang ditemukan dan mencari dolusinya," ucapnya.

Terkait hasil evaluasi, menurut Edy, sejauh ini, peserta magang telah menjalankan tugasnya sesuai dengan program kerja (Proker) nya. "Hari ini teman-teman DPR dan Dosen Pendamping akan bersama-sama melakukan evaluasi lanjutan. Di mulai dari yang sederhana dulu. Semisal dari kedisiplinannya. Apakah tingkat kehadirannya sudah memenuhi ketentuan atau belum," tuturnya. 

Selain itu, terkait dengan materi program kegiatan yang sudah disusun juga tidak luput dari evaluasi. "Apakah program yang ada dilaksanakan atau tidak. Sampai dengan adanya kreativitas, ada inovasi baru pada teman-teman yang ada di kecamatan maupun desa yang bisa di sinergikan dalam temuan itu," tutupnya.

Sementara itu, Wakil Dekan I FIB UNEJ, Siti Maria, mengapresiasi  Pemkab Jember yang telah menfasilitasi mahasiswa untuk kegiatan magang. "Pemkab Jember memang yang terbanyak dalam menyediakan magang. Dan harapannya kedepan semakin banyak lagi," ungkapnya.

Siti menjelaskan, jumlah mahasiswa yang mengikuti magang sebanyak 206 orang. Tersebar di 31 Kecamatan yang ada di Jember. "Kami harap kita saling memberi masukan, agar program magang ini bisa selesai tepat waktu," tutupnya. (*) 

*Reporter : Fathur Rozi | Editor : Izzul Muttaqin