Pemkot Probolinggo Terima Anugerah Meritokrasi dari KASN

“Oleh sebab itu, penerapan sistem merit yang baik ini sangat diperlukan di seluruh instansi pemerintahan dan untuk mengapresiasi implementasi sistem pada management ASN. KASN ini menggelar Anugerah Meritokrasi sebagai bentu apresiasi,” ucap Habib Hadi Zaenal Abidin

Pemkot Probolinggo Terima Anugerah Meritokrasi dari KASN
Habib Hadi menerima penghargaan Anugerah Meritokrasi dari Ketua KASN, Agus Pramusinto. (Foto : Raphel/Narasinews.id)

Narasinews.id, PROBOLINGGO – Anugerah Meritokrasi 2022 diperoleh Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dengan predikat baik dalam penerapan sistem merit dan managemen ASN. 

Penghargaan bergengsi itu diterima secara langsung oleh Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zaenal Abidin, dari Ketua KASN, Agus Pramusinto, di Hotel Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (8/12/2022). 

Wali Kota yang akrab disapa Habib Hadi ini menyampaikan, kebutuhan ASN yang profesional menjadikan suatu hal yang wajib dalam menciptakan birokrasi yang handal. “Oleh sebab itu, penerapan sistem merit yang baik ini sangat diperlukan di seluruh instansi pemerintahan dan untuk mengapresiasi implementasi sistem pada management ASN. KASN ini menggelar Anugerah Meritokrasi sebagai bentu apresiasi,” ucapnya. 

Habib Hadi mengatakan, penghargaan ini merupakan keberhasilan semua pihak. Menurutnya dengan kebersamaan berbagai pihak Pemkot Probolinggo dapat menerapkan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, kinerja secara adil dan wajar. Dengan tanpa membedakan latar belakang politik, SARA, gender, umur dengan tetap mematuhi peraturan yang ada tentang ruang lingkup sistem merit. 

“Harapan saya dengan diraihnya penghargaan ini Pemerintah Kota Probolinggo memiliki sumber daya ASN yang berkualitas dan kompeten dalam bidang tugas masing-masing. Sehingga hasil kerjanya dapat membawa manfaat sebesar-besarnya bagi kesejahteraan masyarakat Kota Probolinggo,” tutur Politisi PKB ini. 

Sementara itu, Ketua KASN, Prof. Agus Pramusinto menyebutkan, pihaknya menetapkan 174 instansi pemerintah yang memperoleh kategori pelaksanaan sistem merit. 

“Keberhasilan instansi pemerintah dalam mencapai penerapan sistem merit kategori baik dan sangat baik merupakan buah dari kerja keras seluruh jajaran di instansi pemerintah yang sudah berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan dalam manajemen ASN-nya. Selain itu, keberhasilan tersebut juga merupakan hasil dari komitmen instansi pemerintah untuk terus berkoordinasi dan berkolaborasi melakukan pembinaan dengan KASN dan instansi paguyuban dalam menerapkan sistem merit,” ucapnya. 

Agus menambahkan, gelaran Anugerah Meritokrasi dimaksudkan untuk memberikan dukungan dan motivasi kepada instansi pemerintah supaya melakukan percepatan sistem merit. KASN pada kesempatan ini juga menerima sertifikat Manajemen Mutu ISO 9001:2015 dalam Penilaian Sistem Merit. Hal ini merupakan bentuk komitmen KASN demi memastikan kualitas penilaian yang sudah sesuai dengan standar yang diakui internasional. 

“Kami berharap pula agar prestasi kali ini menjadi pemicu untuk perbaikan yang berkelanjutan dalam manajemen ASN di instansi pemerintah,” tandas Agus.

Untuk diketahui, dalam Anugerah Meritokrasi ini Pemkot Probolinggo meraih predikat baik dengan nilai 307, berada persis di urutan kedua setelah Pemkot Pontianak yang mendapat nilai 317. (*) 

*Reporter : Raphel | Editor : Fathur Rozi