Pembangunan Jalan Segera Rampung, Warga Merak Sudah Tangkap Peluang Usaha

"Warga kami kan banyak yang punya ternak. Ternak ini kalau kotorannya bisa dimanfaatkan jadi pupuk organik dan itu laku dijual kan bisa menjadi tambahan penghasilan. Minimal kekurangan pupuk itu bisa diatasi," ucap Turi.

Pembangunan Jalan Segera Rampung, Warga Merak Sudah Tangkap Peluang Usaha
Warga Merak saat menyampaikan permintaan SD mandiri kepada Bupati Situbondo, Karna Suswandi. (Foto : Dokpim Situbondo for Narasinews.id)

Narasinews.id, SITUBONDO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo melalui Dinas PUPP membangun akses jalan sepanjang 10 kilometer dari Dusun Sidomulyo hingga Merak, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih. Progres pembangunan jalan yang menelan anggaran hingga Rp19 miliar ini sudah mencapai sekitar 80 persen. 

Salah satu warga Dusun Merak, Turi, mengatakan dengan adanya akses jalan yang layak ini warga Merak membutuhkan pembinaan dari Pemkab Situbondo. Khususnya dalam bidang pengelolaan pupuk organik. 

"Warga kami kan banyak yang punya ternak. Ternak ini kalau kotorannya bisa dimanfaatkan jadi pupuk organik dan itu laku dijual kan bisa menjadi tambahan penghasilan. Minimal kekurangan pupuk itu bisa diatasi," ucapnya seusai menghadiri acara Ngobrol Bareng Bupati Situbondo Bersama Warga Dusun Merak, Selasa (29/11/2022). 

Selain itu, lanjut Turi, dengan adanya akses jalan tersebut, maka secara otomatis bisa menekan biaya transportasi barang bagi warga Merak. "Sebelum ada jalan ini biaya keluar produk dari masyarakat itu mahal, sehingga nilai jual hasil-hasil produk warga Merak ini murah," benernya. 

Turi optimis, dengan adanya akses jalan yang layak, warga Merak sudah bisa menangkap potensi peluang usaha. Sehingga bisa mendongkrak perekonomian. "Mungkin nanti Merak ini akan jadi destinasi wisata. Makanya kami sudah menyiapkan tutor-tutor menjahit dan membatik. Cuman ini masih memulai," tegasnya. 

Untuk itu, Turi mengungkapkan, warga Merak membutuhkan peran Pemkab Situbondo dalam membatu mengembangkan potensi ketrampilan yang dimiliki oleh warga Merak. "Yang kami harapan Bapak Bupati bisa mensupport kegiatan warga. Sehingga warga ini perekonomian bisa berkembang pesat," imbuhnya. 

Sementara itu, Warga Merak lainnya, Didik Suherman, berharap akses jalan sekitar 350 meter yang belum tersentu pembangunan agar segera diselesaikan juga. "Di sana perlu ada satu jembatan di timur yang sisa 350 meter itu. Karena jembatan yang dibangun warga tidak muat untuk dilalui kendaraan roda empat," ujarnya. (*) 

*Reporter : Fathur Rozi | Editor : Izzul Muttaqin