Bupati Situbondo Instruksikan Seluruh OPD Gunakan Air Minum Tirta Baluran

Bupati Situbondo Instruksikan Seluruh OPD Gunakan Air Minum Tirta Baluran
Bupati Situbondo, Karna Suswandi menandatangani plakat peresmian AMDK Tirta Baluran. (Foto : Fathur Rozi/Narasinews.id)

Narasinews.id, SITUBONDO - Bupati Situbondo, Karna Suswandi dan Wabup Nyai Hj. Khoirani menghadiri acara Hari Ulang Tahun (HUT) PDAM Tirta Baluran ke 32 dan Launching Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Tirta Baluran, Kamis (30/3/2023). Acara tersebut berlangsung di Kantor AMDK Tirta Baluran, Desa Paowan, Kecamatan Panarukan. 

Dalam sambutannya, pria yang akrab disapa Bung Karna ini menyampaikan, menginstruksikan kepala seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemkab Situbondo untuk menggunakan AMDK Tirta Baluran. "Oleh karena itu saya meminta kepada seluruhnya yang hadir, utamanya Pimpinan OPD, para Kabag, para Camat, di kantornya masing-masing sudah tidak boleh ada air minum dalam kemasan yang lain," ujarnya. 

Untuk itu, Bung Karna meminta kepada Sekda Situbondo, Wawan Setiawan untuk menindaklanjuti institusi tersebut. "Pak Sekda setelah stoknya habis (air minum) tidak boleh ada air minum yang lain. Baik itu di Pendapa, Wisma, Kantor DPRD, semua sudah menyajikan air minum dalam kemasan Tirta Baluran,"  tambahnya. 

Lebih jauh, pria asal Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa ini meminta kepada para Camat untuk mensosialisasikan air minum dalam kemasan Tirta Baluran tersebut kepada para Kepala Desa. "Dan pastikan bahwa di tempat-tempat tertentu masyarakat tidak kesulitan mencari air minum dalam kemasan Tirta Baluran ini. Ini penting, ketika kita bersosialisasi tetapi air minum dalam kemasan Tirta Baluran tidak ada di lokasi, itu sama saja dengan bohong," tegas Bupati Situbondo. 

Untuk itu, Bupati meminta kepada Direktur PDAM Tirta Baluran Situbondo untuk menyiapkan titik-titik pendistribusian air minum dalam kemasan Tirta Baluran. "Tidak ada orang yang membesarkan Tirta Baluran, selain kita sendiri. Oleh karena itu, saya minta ini dipromosikan kepada seluruh lapisan masyarakat. Sampaikan bahwa air minum dalam kemasan Tirta Baluran ini adalah air minum yang memiliki kelebihan bila dibandingkan dengan air minum kemasan yang lain," pungkasnya. 

Sementara itu, Direktur PDAM Tirta Baluran, Asy'ari mengatakan, AMDK Tirta Baluran merupakan unit usaha baru dari perusahaan plat merah tersebut. "Tahapan demi tahapan sudah kita lalui, perizinan sudah kita kantongi semua. Dan alhamdulillah pada pagi hari ini kita bisa melaunching AMDK Tirta Baluran ini," ucapnya. 

Asy'ari menerangkan, AMDK Tirta Baluran mengambil air dari sumber mata air pilihan. "Dari sumur bor, kita kelola dengan mesin semi otomatis. Bapak Bupati mohon izin sementara, kita membuat AMDK Tirta Baluran dalam lima kemasan. Pertama kemasan gelas yang isinya 150 mililiter, ada yang 220 mililiter. Ada kemasan botol dengan isi 330 mililiter, ada botol isi 600 mililiter dan galon," imbuhnya. 

Asy'ari optimis dengan dengan adanya AMDK Tirta Baluran tersebut bisa meningkatkan Pendapat Asli Daerah (PAD) Kabupaten Situbondo. "Mudah-mudahan dengan usaha yang diinisiasi oleh PDAM Tirta Baluran ini mampu menambah pendapatan kami, sehingga berkontribusi ke PAD. Tahun 2021, kami menyetorkan PAD Rp720 juta, tahun 2022, kita setorkan ke PAD Rp740 juta. Insya Allah di tahun 2023 ini kita memberikan kontribusi PAD sekitar Rp770 juta," bebernya. 

*Reporter : Fathur Rozi