Ormas RaDja Soroti Jalan Rusak di Kabupaten Blitar

"Salah satu protes yang dilakukan oleh warga salah satunya adalah dengan menanami pohon pisang di jalan yang rusak. Pohon pisang ditanam di jalan berlubang yang belum di perbaiki, selain tidak enak dipandang mata juga menjadi catatan masyarakat tentang kinerja Pemkab Blitar," jelas Tugas Naggolo Yudo Dili Prasetiono

Ormas RaDja Soroti Jalan Rusak di Kabupaten Blitar
Ketua Ormas RaDja, Tugas Naggolo Yudo Dili Prasetiono. (Foto : Martono/Narasinews.id)

Narasinews.id, BLITAR - Pembangunan insfrastruktur terutama jalan belum maksimal dilakukan oleh Pemkab Blitar. Ketua Ormas RaDja (Rakyat Djelata), Tugas Naggolo Yudo Dili Prasetiono mempertanyakan keseriusan Pemkab Blitar dalam menyingkapi jalan rusak tersebut.

Sedangkan masyarakat menginginkan perbaikan jalan secepatnya agar akses perekonomian menjadi lancar. Hal itu dikatakannya saat ditemui awak media di Basecamp RaDja di Desa Karangsono, Kelurahan Kanigoro, Kabupaten Blitar, Selasa (14/03/2023).

"Salah satu protes yang dilakukan oleh warga salah satunya adalah dengan menanami pohon pisang di jalan yang rusak. Pohon pisang ditanam di jalan berlubang yang belum di perbaiki, selain tidak enak dipandang mata juga menjadi catatan masyarakat tentang kinerja Pemkab Blitar," jelasnya.

Dirinya mencontohkan, ada berapa warga desa menanami pohon pisang di jalan, sebagai bentuk protes warga terhadap pemerintah. "Seperti Desa Papungan, Kecamatan Kanigoro, Desa Kedawung, Kecamatan Nglegok dan Desa Rejoso, Kecamatan Binangun. Itu semua karena Pemerintah Kabupaten Blitar kurang peka terhadao keluhan warga," ungkap Ketua RaDja.

Itu salah satu cara bentuk protes warga Kabupaten Blitar terhadap kinerja pemerintah yang kurang responsif terhadap keluhan warga. Pihaknya sangat menyayangkan sikap Pemkab Blitar yang lamban dalam menyingkapi masalah infrastuktur terutama jalan rusak.

"Padahal masyakarat mempunyai hak mendapatkan fasilitas sebagai menunjang perekonomian mereka sehari-hari. Jalan itu sangat penting karen prasarana transportasi yang sangat dalam menunjang segala kebutuhan warga baik itu dalam kegiatan perekonomian dan sosial masyarakat. papar Tugas Nanggolo YDP.

Apalagi sebentar lagi Hari Raya Idul Fitri dimana banyak orang yang akan silaturahmi. Tentu harapan warga jalan yang rusak segera diperbaiki oleh pemerintah Kabupaten Blitar. Sebagai Ketua ormas RaDja, Tugas Nanggolo YDP meminta agar Pemerintah Kabupaten Blitar segera perbaiki jalan yang rusak.

"Jangan sampai sampai masyarakat protes lagi karena itu akan memalukan Pemerintah Kabupaten Blitar dan menurunkan citra pemerintahan di mata publik," harap Tugas Nanggolo YDP.

Sampai berita ini diturunkan belum ada konfirmasi lebih lanjut dari Pemkab Blitar terkait jalan rusak. (*) 

*Reporter : Martono | Editor : Fathur Rozi