Mengenal Sekolah Enuma, Aplikasi Unik untuk Pendidikan di Raja Ampat

"Sekolah Enuma itu pihak ketiga yang akan melaksanakan program dari PPM PT. Gag Nikel, sesuai dengan arahan kita (Gag Nikel -Red)", jelas Baba Ishak

Mengenal Sekolah Enuma, Aplikasi Unik untuk Pendidikan di Raja Ampat
Eksternal SR Officer PT.Gag Nikel , Baba Ishak (kiri) dan Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Raja Ampat Juariah Syaifudin (Kanan) usai penandatanganan nota kesepahaman. Foto : (Muh A. Macap/ Narasinews.id

RAJA AMPAT, NARASINEWS.ID-  PT Gag Nikel terus mendukung upaya Pemerintah Daerah Raja Ampat dalam hal pengembangan sumber daya manusia (SDM) melalui program pemberdayaan masyarakat (PPM). 

Salah satu bentuk dukungannya adalah dengan dilakukannya penandatanganan nota kesepahaman program Pengembangan literasi Sekolah (PPLS) antara pihak Gag Nikel bersama Dinas Pendidikan Kabupaten Raja Ampat di Aula Pendidikan, Selasa (27/6/2023).

Nota kesepahaman ditandatangani oleh Eksternal SR Officer PT. Gag Nikel, Baba Ishak. Dia mewakili pihak Gag Nikel dan Juharia Saifudin, sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Raja Ampat.

Program PPLS yang diinisiasi oleh PT. Gag Nikel ini berbasis digital dan akan dihandle oleh Sekolah Enuma sebagai pelaksana program. Sekolah Enuma merupakan sebuah aplikasi digital yang bisa diakses kapan dan dimana saja.

Aplikasi dengan ribuan aktivitas belajar serta ratusan buku dan video yang mendukung anak-anak untuk membangun keterampilan dasar  untuk keberhasilan belajar. Program yang dirancang per individu ini diyakini dapat menjawab kebutuhan unik setiap anak.

"Sekolah Enuma itu pihak ketiga yang akan melaksanakan program dari PPM PT. Gag Nikel, sesuai dengan arahan kita (Gag Nikel -Red)", jelas Baba Ishak, saat dikonfirmasi melalui via telpon, Selasa (27/6).

Sementara, Ammar Baso, Salah satu Tim Sekolah Enuma saat dikonfirmasi, mengatakan bahwa Sekolah Enuma merupakan aplikasi untuk pembelajaran pemula antara rentang waktu 3 - 9 tahun. Aplikasi ini juga bisa digunakan bagi siapa saja yang membutuhkan penguatan literasi dasar.

Uniknya aplikasi Sekolah Enuma ini bisa diakses meskipun tanpa jaringan internet (Offline). Sedangkan untuk spesifikasikasi dari aplikasi tersebut berisikan game dan aktivitas belajar yang menyenangkan. Tersedia pula ribuan video dan buku pembelajaran bahasa Indonesia, matematika, dan bahasa inggris.

LMS atau sistem manajemen pembelajaran untuk memantau kemajuan belajar murid dan disesuaikan dengan kurikulum nasional. Aplikasi ini juga bisa operasikan dengan mengunakan tablet  dan smartphone.

Sedangkan untuk menunjang penggunaan aplikasi tersebut, Sekolah Enuma sebagai pelaksana program akan mendistribusikan 130 buah Tablet beserta aplikasi Sekolah Enuma. Selain itu pihak sekolah Enuma juga akan memberikan pendampingan lainnya.

Terdapat 3 sekolah yang menjadi sasaran pengunaan aplikasi sekolah Enuma. Di antaranya, SDN 13 Gag, TK Tunas  Bhakti Harapan Gag dan  SD YPK Imanuel Mainyaifuin.

Reporter: Muh A. Macap | Editor: Izzul Muttaqin