Lupa Matikan Kompor saat Memasang Tabung LPG, Rumah Warga Situbondo Ludes Terbakar

Lupa Matikan Kompor saat Memasang Tabung LPG, Rumah Warga Situbondo Ludes Terbakar
Personel TNI-Polri memadamkan api dan mengais sisa barang milik korban yang terbakar. (Foto : BPBD Situbondo for Narasinews.id)

Narasinews.id, SITUBONDO - Nasib nahas menimpa Sujemar, warga Kampung Paku, Desa Tamankursi, Kecamatan Sumbermalang, Situbondo. Rumah pria 56 tahun ini ludes terbakar, Rabu (29/3). 

Menurut Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Situbondo, Puriyono, menyampaikan peristiwa tersebut terjadi karena korban lupa mematikan kompor saat memasang tabung gas. "Kejadiannya sekitar pukul 16.45 WIB. Yang terbakar rumah bagian dapur," ucapnya, Kamis (30/3/2023). 

Puriyono melanjutkan, kejadian bermula sekitar pukul 16.45 WIB. "Saat itu korban sedang memasang tabung gas, namun korban lupa mematikan kompor dan mengakibatkan tabung gas meledak," tambahnya.

Korban kemudian lari keluar rumah untuk menyelamatkan diri dan meminta tolong kepada warga sekitar. Warga yang mendengar teriakan tersebut kemudian berdatangan ke rumah korban. 

"Mereka kemudian bergotong royong melakukan pemadaman dengan peralatan seadanya. Sementara warga lain menghubungi petugas Damkar Kabupaten Situbondo wilayah Besuki," imbuhnya. 

Namun karena akses jalan yang sulit, sehingga Mobil Damkar tidak bisa menjangkau lokasi kejadian. "Akhirnya kebakaran tersebut dipadamkan dengan peralatan seadanya," tegas Puriyono. 

Beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka akibat peristiwa tersebut. "Namun dapur rumah korban mengalami kerusakan dengan katagori berat dan mengakibatkan korban mengalami kerugian hingga Rp20 juta," tutupnya. (*) 

*Reporter : Fathur Rozi