Layanan Televisi Analog Dihentikan, Toko Elektronik Diserbu Warga

“Saya memang belum beli alat STBnya, karena memang harganya bisa dibilang cukup mahal. Makanya saya tidak beli dan ternyata siapa sangka, saat tadi pagi saya hendak melihat siaran berita di televisi ternyata sudah tidak ada satupun chanel yang bisa dilihat secara jernih,” ujar Alvi Wardah

Layanan Televisi Analog Dihentikan, Toko Elektronik Diserbu Warga
Warga mendatangi salah satu toko elektronik yang ada di Kota Probolinggo untuk membeli STB televisi digital. (Foto : Raphel/Narasinews.id)

Narasinews.id, PROBOLINGGO – Dengan diberhentikannya siaran televisi analog di wilayah Kota Probolinggo dan sekitarnya, membuat sejumlah toko elektronik diserbu pengunjung, Rabu (21/12/2022). Tidak sedikit dari warga mengeluhkan hal tersebut, lantaran mereka sudah tidak bisa lagi menikmati siaran televisi dirumahnya jika tidak menggunakan satu alat dekoder Set Top Box (STB). 

Alvi Wardah salah satu pengunjung di Toko Juni Elektronik yang berada di Jalan Dr Suetomo, Kelurahan Tisnonegaran, Kota Probolinggo menjelaskan, jika dirinya sudah tidak bisa lagi melihat siaran televisi di rumahnya. Karena memang belum sempat membeli alat tambahan baru tersebut, yang harusnya dipasang di televisi miliknya. 

“Saya memang belum beli alat STBnya, karena memang harganya bisa dibilang cukup mahal. Makanya saya tidak beli dan ternyata siapa sangka, saat tadi pagi saya hendak melihat siaran berita di televisi ternyata sudah tidak ada satupun chanel yang bisa dilihat secara jernih,” ujar wanita asal Pohsangit Leres, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo ini. 

Menurutnya beberapa toko elektronik di wilayah Kota Probolinggo kehabisan STB televisi digital. Sehingga dia harus berkeliling kota untuk mencari toko elektronik lainnya yang menjual alat tersebut. 

"Bahkan ini saya di toko elektronik yang terkenal di Kota Probolinggo yakni, Toko Juni Elektronik ternyata juga sudah habis terlebih dahulu STBnya. Akhirnya saya pulang sudah untuk sementara waktu tidak bisa melihat siaran televisi dulu. Mungkin nanti saya coba untuk membeli melalui aplikasi toko online,” pungkasnya. 

Untuk diketahui di platform toko online, ternyata harga STB televisi digital berkisar dari harga Rp250.000 hingga Rp350.000. (*)

*Reporter : Raphel | Editor : Fathur Rozi