Kasus Stunting di Kabupaten Gayo Lues Turun

"Angka tersebut merupakan angka tertinggi dari 23 kabupaten/kota di Provinsi Aceh. Sementara, angka stunting di Provinsi Aceh 33,2 persen," ujar Pj. Bupati Gayo Lues, Rasyidin Porang

Kasus Stunting di Kabupaten Gayo Lues Turun
Pj Bupati Gayo Lues, Rasyidin Porang. (Foto : Diskominfo for Narasinews.id)

Narasinews.id, GAYO LUES - Kasus stunting di Kabupaten Gayo Lues turun menjadi urutan ke 15 dari urutan ke 23 se Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh. Hal tersebut berdasarkan hasil Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2022 jumlah kasus anak stunting di Kabupaten Gayo Lues di bawah rata-rata mencapai 42,9 persen. 

"Angka tersebut merupakan angka tertinggi dari 23 kabupaten/kota di Provinsi Aceh. Sementara, angka stunting di Provinsi Aceh 33,2 persen," ujar Pj. Bupati Gayo Lues, Rasyidin Porang, Jumat (27/01/2022). 

Dikatakan Rasyidin, hasil SSGI pada tahun 2022 saat ini angka stunting di Gayo Lues turun menjadi 34,6 persen. Di mana prevalensi stunting Aceh berada di angka 31,2 persen. 

Penurunan angka stunting ini tidak terlepas dari upaya Pemerintah Kabupaten Gayo Lues melakukan berbagai program. Seperti melaksanakan pengaktifan Posyandu, rembuk stunting dan audit stunting.

Selain itu, kata Rasyidin, ada juga kegiatan yang dilakukan untuk menurunkan kasus stunting tersebut. Diantaranya kegiatan 'Nentong Sudere' pembentukan Satuan Tugas (Satgas) Stunting Gayo Lues dan program Bapak Asuh Anak Stunting.

"Saat ini, kita juga gencar memberikan makanan tambahan dan vitamin bagi para Balita. Ini langkah nyata kita untuk menurunkan stunting di Kabupaten Gayo Lues," pungkasnya. (*) 

*Reporter : Sumardi | Editor : Fathur Rozi