Harga Ikan di Probolinggo Melambung Tinggi

"Untuk kenaikan harganya cukup tinggi mas, yang dari harga awalnya untuk ikan kerapu ini hanya seharga Rp20 ribu sudah dapat satu kilogram, kini bisa sampai harga Rp35 ribu per-kilogramnya. Ya jadi saya juga harus mengurangi belanjaan," ujar Dian

Harga Ikan di Probolinggo Melambung Tinggi
Pembeli dan pedagang ikan bertransaksi di Pasar Ikan Pelabuhan PPI Mayangan, Kota Probolinggo. (Foto : Raphel/Narasinews.id)

Narasinews.id, PROBOLINGGO – Cuaca ekstrem yang berlangsung di Probolinggo membuat hasil tangkapan ikan laut susah didapat. Hal tersebut membuat harga di pasaran mengalami kenaikan. Tak hanya nelayan, para pedagang pun mengeluhkan akibat kondisi tersebut.

Salah satunya yang terjadi di Pasar Ikan Pelabuhan PPI Mayangan, Kota Probolinggo. Hampir sebagian tengkulak maupun pedagang merasa penjualan ikannya menurun drastis.

Dian, salah satu pedagang keliling yang berasal dari Klakah, Kabupaten Probolinggo, mengatakan sudah satu minggu kemarin harga ikan laut mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

"Untuk kenaikan harganya cukup tinggi mas, yang dari harga awalnya untuk ikan kerapu ini hanya seharga Rp20 ribu sudah dapat satu kilogram, kini bisa sampai harga Rp35 ribu per-kilogramnya. Ya jadi saya juga harus mengurangi belanjaan," ujarnya, Senin (27/2/2023).

Untuk itu, Dian mengurangi penjualan ikannya. "Biasanya dua hari sekali selalu berbelanja ikan laut di Pasar Ikan Pelabuhan PPI Mayangan ini. Sekarang sudah ngurangi," tegasnya. 

Hal senada juga diucapkan Nurma, salah satu pedagang ikan. Dirinya megatakan, kenaikan harga saat ini memang terbilang cukup tinggi.

"Untuk pembeli sih tergantung dari persediaan ikannya mas, jika persediaan ikan banyak, ya alhamdulillah pembelinya juga banyak. Memang kebanyakan pembeli juga mengeluhkan harganya, namun kan kita juga jelaskan alasan harganya naik," tandasnya. (*) 

*Reporter : Raphel | Editor : Fathur Rozi