Petugas Gabungan Tes Urine Supir Angkutan Umum, Dua Positif Narkoba

"Tes urine ini dilakukan secara acak, pada sopir bus dan mini bus yang membawa penumpang umum. Ada 27 supir yang sudah dites urin. Hasilnya, dua orang terindikasi positif menggunakan narkoba jenis ganja," ujar AKBP Henki Ismanto, Melalui Kasat Lantas, AKP Adek Taufik

Petugas Gabungan Tes Urine Supir Angkutan Umum, Dua Positif Narkoba
Petugas gabungan melakukan tes urine secara acak kepada sopir angkot. (Foto : Ahmad Mirdza/Narasinews.id)

Narasinews.id, LHOKSEUMAWE - Satlantas Polres Lhokseumawe bersama tim gabungan melakukan tes urine terhadap pengemudi angkutan umum di terminal tipe A, Desa Meunasah Mee Kandang, Kecamatan Muara Dua, Rabu (19/4/2023) malam. 

Kapolres Lhokseumawe, AKBP Henki Ismanto, Melalui Kasat Lantas, AKP Adek Taufik mengatakan, kegiatan dimaksud merupakan agenda nasional dalam rangka Operasi Ketupat Seulawah 2023. Tujuannya untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas diakibatkan oleh penyalahgunaan narkoba di kalangan para supir angkutan umum selama mudik lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah. 

"Tes urine ini dilakukan secara acak, pada sopir bus dan mini bus yang membawa penumpang umum. Ada 27 supir yang sudah dites urin. Hasilnya, dua orang terindikasi positif menggunakan narkoba jenis ganja," ujarnya.

Kasat Lantas melanjutkan, adapun dua supir yang terindikasi positif narkoba yakni inisial U, warga Kota Lhokseumawe dan RS, warga Kota Langsa. "Keduanya telah kita serahkan ke Unit Sat Narkoba Polres Lhokseumawe," pungkasnya.

AKP Adek Taufik menjelaskan, setelah dilakukan pemeriksaan oleh personel Sat Narkoba, tidak ditemukan barang bukti. Kemudian, kedua supir dan mobil angkutan umum tersebut diserahkan kepada pihak loket. 

Kasat Lantas juga mengimbau kepada para supir angkutan umum, mobil pribadi yang melakukan perjalanan mudik agar tetap berhati-hati dan mematuhi aturan berlalu lintas. "Utamakan keselamatan. Jika lelah beristirahatlah di Pos Operasi Ketupat," pintanya. (*) 

*Reporter : Ahmad Mirdza | Editor : Fathur Rozi