Dirjen Dukcapil Apresiasi Kinerja dan Inovasi Dinas Dukcapil Purbalingga

"Karena langsung menyentuh urusan esensial masyarakat, yakni identitas dan dokumen kependudukan yang menjadi dasar pelayanan publik lain. Kita harus mampu melayani masyarakat dengan memberikan pelayanan yang mudah dan cepat," kata Dirjen Teguh.

Mar 18, 2023 - 04:14
 0
Dirjen Dukcapil Apresiasi Kinerja dan Inovasi Dinas Dukcapil Purbalingga
Dirjen Dukcapil Teguh Setyabudi (tengah) menyampaikan arahan saat berkunjung ke Dinas Dukcapil Kabupaten Purbalingga. (Foto : Nanda/Narasinews.id)

Narasinews.id, PURBALINGGA - Usai kunjungan kerja ke Dinas Dukcapil Kabupaten Banyumas, Jumat (17/3/2023) siang, sore harinya, Dirjen Dukcapil Teguh Setyabudi langsung melanjutkan perjalanan ke Dinas Dukcapil Kabupaten Purbalingga menemput sekitar 45 menit perjalanan kendaraan roda empat. 

Turut mendampingi orang nomor satu di Ditjen Dukcapil itu Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispermadesdukcapil) Provinsi Jawa Tengah Nur Kholis, dan Kadis Dukcapil Kabupaten Purbalingga M. Fathurahman.

Kedatangan Teguh disambut hangat pegawai Disdukcapil Purbalingga yang menunggunya, dan Dirjen Teguh langsung menuju ruang acara, karena loket pelayanan sudah tutup sore menjelang maghrib.

Dalam arahannya, Dirjen Teguh menyampaikan, tantangan yang dihadapi oleh Dukcapil luar biasa besar. "Karena langsung menyentuh urusan esensial masyarakat, yakni identitas dan dokumen kependudukan yang menjadi dasar pelayanan publik lain. Kita harus mampu melayani masyarakat dengan memberikan pelayanan yang mudah dan cepat," kata Dirjen Teguh.

Dirinya menekankan kepada segenap pejabat dan pegawai Dukcapil Purbalingga agar menjaga marwah Dukcapil dengan menghadirkan pelayanan yang bebas calo dan pungli. "Pelayanan Adminduk harus gratis dan cepat, jaga antrean agar tidak menumpuk dengan buka pelayanan online melalui aplikasi atau melalui whatsapp," kata Teguh.

Dirjen Teguh pun mengapresiasi Disdukcapil Purbalingga, karena capaian kinerjanya sudah cukup baik. Selain itu untuk pelayanan online yang sudah berjalan baik di Disdukcapil Purbalingga, antara lain melalui aplikasi 'Mendoan Gratis' (Melayani dokumen kependudukan dengan mudah, cepat, efisien dan gratis) serta 'Anak Ceria Jipat' (layanan terintegrasi dengan RS, rumah bersalin dan puskesmas untuk percepatan cakupan akta kelahiran).

Dalam paparannya, Kadis Fathurahman menyatakan, Purbalingga ketiban berkah dengan kedatangan Dirjen Dukcapil Teguh Setyabudi yang hadir memberikan support untuk Disdukcapil Purbalingga.

Dirinya pun menjelaskan persentase kepemilikan KTP yang wajib terus mengalami peningkatan. Tahun 2022 misalnya dari 776.170 penduduk wajib KTP di Purbalingga, sebanyak 760.821 di anyaranya telah memiliki KTP-el atau 98,02 persen. Kemudian untuk cakupan kepemilikan KIA mencapai 44,72 persen dari target 40 persen. Penerbitan akta kematian mencapa 100 persen atau 32.040 akta. Untuk penerbitan akta lahir mencapai 51 persen, dan kepemilikan KK mencapai 100,27 persen.

Di akhir kunjungan ke Dinas Dukcapil Purbalingga, Dirjen Teguh Setyabudi memberikan buah tangan berupa blanko KTP-el sebanyak 1 outer atau 2.000 keping yang langsung diterima dengan senang hati oleh Kadis Fathurahman. (*) 

*Reporter : Nanda | Editor : Fathur Rozi

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow