Bupati Bondowoso Rayakan Hari Raya Idul Adha dengan Tabuh Beduk

“Perayaan Hari Raya Idul Adha ini merupakan momentum yang luar biasa. Karena, di saat seperti ini semua umat muslim mengingat ketauladanan keikhlasan Nabi Ibrahim As. mengorbankan putranya Nabi Ismail AS,” kata Bupati Bondowoso Salwa Arifin

Bupati Bondowoso Rayakan Hari Raya Idul Adha dengan Tabuh Beduk
Pembacaan Gema Takbir perayaan Idul Adha 1444 Hijriah di depan Masjid Agung At Taqwa Bondowoso.

BONDOWOSO, NARASINEWS.ID - Bupati Bondowoso, Salwa Arifin menekankan jika perayaan Hari Raya Idul Adha dijadikan momentum untuk menguatkan rasa kebersamaan. Karena itu perbedaan tak perlu dijadikan persoalan.

Hal itu disampaikan Bupati saat menghadiri Tabuhan Beduk yang diikuti pembacaan gema takbir perayaan Idul Adha 1444 Hijriah di depan Masjid Agung At Taqwa Bondowoso.

Dalam perayaan tabuh beduk dan gema takbir tersebut dilakukan oleh Ketua DPRD Ahmad Dhafir, yang dilakukan seusai pembukaan secara resmi yang dilakukan oleh Bupati Salwa Arifin.

Tak ayal, begitu beduk ditabuh langsung disambut tepuk tangan meriah oleh masyarakat yang hadir saat itu. Bahkan, secara spontan diikuti kumandang gema takbir.

“Perayaan Hari Raya Idul Adha ini merupakan momentum yang luar biasa. Karena, di saat seperti ini semua umat muslim mengingat ketauladanan keikhlasan Nabi Ibrahim As. mengorbankan putranya Nabi Ismail AS,” kata Bupati Bondowoso Salwa Arifin, Rabu (28/6/2023).

Ia juga berharap pelaksanaan Idul Adha ini bukan hanya menjadi momentum untuk berkumpul saja. Melainkan, memiliki makna yang sangat dalam. Yakni belajar keikhlasan dan ketauladanan dari pelaksanaan qurban.

“Saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus meningkatkan semangat gotong royong dan kebersamaan,” ujar Salwa Arifin, yang juga pengasuh Ponpes Mambaul Ulum, Tangsil Wetan ini.

Termasuk dapat dijadikan untuk memperkuat ikatan sosial, membangun soliditas dan meningkatkan kehidupan beragama, berbangsa, dan bernegara.

Sementara Kepala Bagian Kesejahteraan (Kesra) Sekretariat Daerah Bondowoso, Kristianto Putro Prasojo, mengatakan, tujuan dilaksanakannya gema takbir ini untuk memperingati Idul Adha dengan merenungkan kembali keteladanan Nabi Ibrahim As.

Pada momentum ini juga mengajak masyarakat yang hadir untuk turut mendoakan tamu Allah yang sedang melaksanakan ibadah haji di tanah suci Mekah, yang untuk Kabupaten Bondowoso jumlahnya mencapai 784 jamaah.

“Agar mereka selalu diberi kesehatan dan perlindungan untuk menunaikan seluruh rangkaian ibadah haji, dan kembali ke tanah air,” pungkasnya.

Pantauan di lokasi acara, dalam acara tersebut Bupati Salwa Arifin juga didampingi segenap jajaran Forkopimda. Yakni Ketua DPRD Ahmad Dhafir, Sekretaris Daerah Bambang Soekwanto, Polres Bondowoso, Kodim 0822, Ketua MUI, serta beberapa kepala organisasi perangkat daerah (OPD). (Udn/ADV)