Wabah Ulat Bulu Menyerang Warga Mimbaan, BPBD Situbondo Semprotkan Racun Serangga

"Satu botol itu kami campur dengan 20 hingga 25 liter air," ujar Puriyono

Wabah Ulat Bulu Menyerang Warga Mimbaan, BPBD Situbondo Semprotkan Racun Serangga
Petugas BPBD Situbondo menyemprotkan racun serangga ke rumah warga yang diserang ulat bulu. (Foto : BPBD Situbondo for Narasinews.id)

Narasinews.id, SITUBONDO - Petugas BPBD Situbondo menyemprotkan racun serangga ratusan ulat bulu yang menyerang pemukiman warga di Lingkungan Ayuban Jaya, Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, Selasa (4/4/2023) sekitar pukul 09.00 WIB. Tujuannya untuk membasmi wabah tersebut. 

Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Situbondo, Puriyono, mengatakan pihaknya menyiapkan tiga botol racun serangga untuk membasmi wabah ulat bulu tersebut. "Satu botol itu kami campur dengan 20 hingga 25 liter air," ujarnya. 

Menurut Puriyono, serangga ulat bulu tersebut sudah terjadi sekitar satu minggu. "Sebenarnya sudah banyak yang mati mas ulat bulunya. Mungkin karena dibakar oleh warga. Jadi kita memusnahkan sisa - sisanya saja," tegasnya. 

Berdasarkan informasi dari warga setempat, ulat bulu tersebut berasal dari lahan kosong yang ditumbuhi tanaman liar. Kemudian juga berasal dari pohon jarak yang menjalar ke rumah warga. 

"Pohon-pohon ini ada yanh menempel ke tembok rumah warga sekitarnya. Sehingga warga merasa terganggu adanya ulat bulu tersebut karena mengakibatkan gatal-gatal di badan," pungkas Puriyono. (*) 

*Reporter : Fathur Rozi