Tingkatkan Keterampilan Pelaku UMKM, Diskopum Jember Gandeng PT Angkasa Pura Logistic Gelar Pelatihan Pembukuan

“Kami harap dalam pelatihan kali ini bisa disimak dan diikuti dengan baik. Tujuannya agar pelatihan ini dapat dijadikan momen untuk mendapatkan ilmu yang manfaat serta kesempatan dalam rangka peningkatan kapasitas, membuka peluang kemitraan, serta menggerakkan produktivitas setiap pelaku UMKM,” ujar MB Firjaun Barlaman

Tingkatkan Keterampilan Pelaku UMKM, Diskopum Jember Gandeng PT Angkasa Pura Logistic Gelar Pelatihan Pembukuan
Wabup Jember, MB Firjaun Barlaman, menyampaikan sambutan dalam acara pembinaan bagi pelaku UMKM dalam rangka Program CSR Aplog. (Foto : Diskominfo Jember for Narasinews.id)

Narasinews.id JEMBER – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Diskopum) menggelar pembinaan bagi pelaku UMKM dalam rangka Program CSR Aplog, Senin (12/12/2022). Acara tersebut berlangsung di Aula PB Soedirman.

Menurut Wakil Bupati Jember, MB Firjaun Barlaman, UMKM memiliki peran yang besar dalam menyerap tenaga kerja di Kota Tembakau. Sehingga sangat efektif dalam menekan angka pengangguran. 

“Kami harap dalam pelatihan kali ini bisa disimak dan diikuti dengan baik. Tujuannya agar pelatihan ini dapat dijadikan momen untuk mendapatkan ilmu yang manfaat serta kesempatan dalam rangka peningkatan kapasitas, membuka peluang kemitraan, serta menggerakkan produktivitas setiap pelaku UMKM,” ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Diskopum Jember, Sartini, mengungkapkan, pelatihan kewirausahaan kepada pelaku UMKM tersebut bekerjasama dengan PT Angkasa Pura Logistic Wilayah Surabaya. "Jumlah peserta secara offline mencapai 130 peserta. Sedangkan yang online tidak terbatas," bebernya.

Dalam kegiatan kali ini, kata Sartini, para peserta bakal mendapatkan pelatihan bagaimana melakukan pembukuan yang baik. “Dengan begitu, mereka bisa menilai bahwa usaha yang dikerjakan itu menguntungkan atau tidak. Mengingat selama ini masih banyak yang belum terampil dalam menjalankan pembukuan terhadap usaha mereka masing-masing," pungkasnya. (*) 

*Reporter : Fathur Rozi | Editor : Izzul Muttaqin