Kadiskopum Jember Buka-bukaan Kunci Sukses Pelaku UMKM Pasarkan Produknya

"Jadi yang penting itu kemasan produk harus menarik. Kemudian barang yang di pasarkan itu harus bagus dan punya ciri khas tersendiri," ujar Kadiskopum Jember, Sartini

Kadiskopum Jember Buka-bukaan Kunci Sukses Pelaku UMKM Pasarkan Produknya
Wabup Jember, MB Firjaun Barlaman menerima cinderamata dari perwakilan PT Angkasa Pura Logistic. (Foto : Diskominfo Jember for Narasinews.id)

Narasinews.id JEMBER – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Diskopum) menggelar pembinaan bagi pelaku UMKM dalam rangka Program CSR Aplog, Senin (12/12/2022). Acara tersebut berlangsung di Aula PB Soedirman.

Dalam kesempatan tersebut, Kadiskopum Jember, Sartini, membeberkan kunci sukses pelaku UMKM memasarkan produknya. "Jadi yang penting itu kemasan produk harus menarik. Kemudian barang yang di pasarkan itu harus bagus dan punya ciri khas tersendiri," ujarnya. 

Dengan begitu, kata Sartini, minat konsumen untuk membeli produk UMKM bisa meningkatkan. "Kalau sudah kemasan beda dan produknya beda, maka konsumen otomatis akan penasaran. Nah di situlah minat daya belinya naik," tambahnya. 

Selain itu, Sartini juga mengatakan, data Badan Sertifikasi Nasional, satu produk untuk on boarding harus memiliki perizinan yang lengkap. Mulai Nomor Induk Berusaha (NIB), perizinan Produksi Industri Rumah Tangga (PIRT), Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), sertfikasi halal dan lain sebagainya.

“Tidak hanya itu, dalam pelatihan ini para peserta juga akan mendapatkan voucher gratis pengiriman produk UMKM. Khususnya bagi yang hadir secara langsung di Aula PB Sudirman,” tegasnya. 

Di tempat yang sama, Wabup Jember, MB Firjaun Barlaman, menjelaskan UMKM memiliki peran yang besar dalam menyerap tenaga kerja. Dengan begitu, sangat efektif dalam menekan angka pengangguran. 

“Tujuannya pelatihan ini dapat dijadikan momen untuk mendapatkan ilmu yang manfaat serta kesempatan dalam rangka peningkatan kapasitas, membuka peluang kemitraan, serta menggerakkan produktivitas setiap pelaku UMKM. Sehingga bisa menyerap tenaga kerja yang maksimal,” ujarnya. (*) 

*Reporter : Fathur Rozi | Editor : Izzul Muttaqin