Safari ke Sejumlah Kantor Media Nasional,Bupati Hendy Kenalkan Pariwisata dan Kearifan Lokal Jember

"Hingga Jember bisa berdiri saat ini, jajaran eksekutif dan legislatif saling bahu-membahu untuk menyejahterakan rakyat. Salah satunya, Jember masih bisa mendapatkan penghargaan lantaran menjadi daerah swasembada pangan saat pandemi," ungkap Bupati Hendy.

Safari ke Sejumlah Kantor Media Nasional,Bupati Hendy Kenalkan Pariwisata dan Kearifan Lokal Jember
Bupati Jember, Hendy Siswanto mengunjungi sejumlah kantor media nasional di Jakarta.

JAKARTA, NARASINEWS.ID - Bupati Jember Hendy Siswanto baru-baru ini diketahui tengah melakukan langkah yang tak terduga-duga. Yakni mengunjungi sejumlah kantor-kantor berita nasional di Jakarta, pada Selasa (11/7/2023).

Kunjungan Bupati Jember ke kantor-kantor media mainstream itu bukan tanpa alasan. Selain memiliki jam terbang tinggi di era kecepatan informasi hari ini, beberapa media-media itu dianggap paling banyak menjadi rujukan publik dalam segala pemberitaan maupun penyajian informasi.

Salah satu yang dikunjungi Bupati Hendy saat itu yakni di Studio Tempo, Gedung Tempo Media, Jl. Palmerah Barat, Jakarta Selatan, pada Selasa (11/7/2023) siang. Di sana, Hendy menceritakan keunggulan Kabupaten Jember saat dirinya menjadi bintang tamu dalam program Teras Negeri yang diadakan jajaran redaksi Tempo.co.

Bupati Hendy menuturkan bahwa Kabupaten Jember bisa seperti sekarang ini karena adanya sinergi, kolaborasi, dan akselerasi. "Hingga Jember bisa berdiri saat ini, jajaran eksekutif dan legislatif saling bahu-membahu untuk menyejahterakan rakyat. Salah satunya, Jember masih bisa mendapatkan penghargaan lantaran menjadi daerah swasembada pangan saat pandemi," ungkap Bupati Hendy.

Menurut Bupati, Pemkab Jember secara masif dan berkesinambungan terus berupaya mendongkrak perekonomian pascapandemi. Contohnya, menggelar kegiatan yang membuat para pelaku UMKM Jember terus hidup. Mulai perhelatan Porprov, JFC, hingga nobar piala dunia. "Event apa saja yang mendatangkan semua orang, kami upayakan," ungkap dia.

Selain mengunjungi Kantor Tempo Media, Bupati Hendy juga menyempatkan diri mengunjungi jajaran redaksi Kumparan, di Jakarta Selatan pada Selasa (11/7/2023) siang. Tak sendirian, sejumlah pimpinan OPD dan para anggota PWI Jember juga turut serta. "Saya bahagia sekali karena diterima kedatangannya di sini," papar Bupati Hendy sekaligus memberikan cinderamata khas Jember. 

Menurut Bupati, Kumparan adalah salah satu media andalan yang dapat digunakan untuk membangun negeri. "Nah, kami datang ke sini hari ini untuk menjalin kolaborasi dan sinergi. Mengapa begitu? Tentu saja agar bisa membantu dan mendukung Jember supaya bisa lebih eksis lagi. Dan tentunya, bermanfaat untuk banyak orang," ungkap Hendy.

Sebelum ke Kantor Kumparan dan Kantor Tempo Media, Bupati Jember juga sempat mendatangi Gedung Kompas Gramedia, Jalan Palmerah Nomor 22-26 Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin siang 10 Juli 2023. Di sana,Bupati Hendy Siswanto menjadi bintang tamu dalam Podcast bertajuk Nusaraya, program khusus Kompas.com yang berlangsung.

Dalam podcast tersebut, Bupati Hendy Siswanto memperkenalkan beragam potensi yang dimiliki kota berpenduduk 2,6 juta jiwa ini. Salah satunya potensi destinasi wisata maupun kearifan lokal kebudayaannya. "Secuil surga di dunia itu ada di Kabupaten Jember. Sumber daya alam kami, lahan pertanian terluas ketiga di Jatim," ujar Bupati Hendy.

Lebih lanjut, Bupati Hendy menuturkan bahwa maksud dan tujuannya mengunjungi kantor-kantor media nasional itu sebagai langkah pemerintah daerah untuk memperkenalkan Kabupaten Jember secara lebih luas, melalui kerjasama dengan media-media mainstream. 

Bupati Hendy berpandangan peran media begitu dominan dan besar dalam menyajikan berbagai informasi setiap waktu dan setiap saat. Karena itu, Hendy mengharapkan agar ke depannya pemerintahannya bisa terus bersinergi dengan media-media mainstream. "Mudah-mudahan ke depan ada sinergi yang terjalin," imbuhnya. (ADV/Udn)