Pusat Kota Probolinggo Terendam Banjir

"Apalagi untuk saat ini curah hujan dengan intensitas tinggi seperti ini, selalu terjadi banjir," ucap Rizal Agung Wibowo

Pusat Kota Probolinggo Terendam Banjir
Mobil sedan mogok akibat menerobos banjir. (Foto : Raphel/Narasinews.id)

Narasinews.id, PROBOLINGGO - Beberapa Kelurahan yang ada di Kota Probolinggo terendam banjir, Jumat (10/2/2023). Peristiwa tersebut terjadi usai hujan deras mengguyur wilayah setempat selama tiga jam.

Seperti halnya yang terjadi di Kelurahan Tisnonegaran, Kecamatan Kanigaran. Puluhan rumah warga di wilayah itu terendam banjir hampir setinggi lutut orang dewasa.

Berdasarkan penuturan Rizal Agung Wibowo, warga Jalan Ir. H Juanda, Kelurahan Tisnonegaran, mengatakan setiap musim penghujan, Kelurahan Tisnonegaran selalu menjadi langganan banjir. "Apalagi untuk saat ini curah hujan dengan intensitas tinggi seperti ini, selalu terjadi banjir," ucapnya.

Warga setempat sudah sering mengadakan kerja bakti guna mencegah terjadinya banjir. Namun upaya yang kerap diadakan hampir setiap minggu itu kurang maksimal. 

"Iya kan kita kerja bakti dengan alat seadanya, sedangkan saat ini kondisi saluran air atau selokan dan sungai yang ada ini sudah mulai dangkal. Jadi ya tetap saja banjir," tambahnya.

Rizal juga berharap, agar dinas terkait juga mau untuk turun secara langsung ke lokasi rawan banjir. "Ya paling tidak mohon dibantu untuk pengerukan selokan dan sungai yang ada ini. Karena selama saya tinggal disini, sudah hampir lima tahun lebih tidak ada upaya normalisasi saluran air. Kasihan juga warga setempat jika setiap musim penghujan rumahnya selalu terendam banjir," bebernya. 

Selain Kelurahan Tisnonegaran, juga ada beberapa Kelurahan yang terendam banjir. Yakni Mayangan, Jati, Pilang, dan beberapa Kelurahan lainnya.

Bahkan dampak dari genangan air yang mencapai pinggang orang dewasa tersebut mengakibatkan banyaknya kendaraan bermotor yang mogok di tengah jalan.

Hal itu dikatakan Ketua RW 1 Kelurahan Tisanonegaran, Hari. "Selama hujan lebat saat ini, banyak mobil maupun sepeda motor yang macet akibat memaksa menerobos banjir. (*) 

*Reporter : Raphel | Editor : Fathur Rozi