PKB Incar Kursi Bupati Malang, Ada Nama Sanusi hingga Latifah Shohib

PKB Incar Kursi Bupati Malang, Ada Nama Sanusi hingga Latifah Shohib
Sosok Latifah Shohib, wanita yang digadang-gadang sebagai Bakal Calon Bupati Malang. (Foto: Istimewa)

NARASINEWS.ID - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyatakan tidak berminat mencalonkan kadernya sebagai bakal calon Wakil Bupati. Partai yang dipimpin Muhaimin Iskandar ini mengincar kursi Bupati Malang pada pilkada akhir 2024 mendatang.

Hal tersebut disampaikan oleh AW yang merupakan orang dekat Latifah Shohib pada awak media, Sabtu (4/5/2024). Latifah Shohib merupakan wanita yang digadang-gadang untuk maju dalam kontestasi Pilkada 2024 di Kabupaten Malang. 

Menurut AW, usai pemilihan legislatif beberapa waktu lalu, Muhaimin Iskandar meminta Latifah Shohib untuk maju sebagai Bakal Calon Bupati Malang periode 2024 - 2029.

"Usai laporan hasil Pileg 2024 kemarin pada Ketum PKB dan bertanya perihal perolehan suara saat Pilkada tahun 2020, kemudian Ketum PKB menyampaikan maju Bupati Malang maneh Bu Lek (panggilan Latifah Shohib)," ungkap AW.

Dinamika politik di Kabupaten Malang menjelang Pilkada 2024 mendatang terus menghangat dengan adanya wacana Latifah Shohib akan digandeng PDI-Perjuangan mendampingi Sanusi.

"Dengan adanya wacana Ibu Latifah akan digandeng sebagai N2 (Calon Wakil Bupati Malang) digandeng Sanusi (saat ini sebagai Bupati Malang), nah ketika bahasa itu yang muncul Ketum PKB menyatakan belum tertarik dengan N2," jelas AW.

Mengingat, kata Andi, PKB adalah partai besar dan pemenang Pileg setelah PDI-P. Bahkan sampai saat ini Latifah masih berkomunikasi secara intens dengan partai-partai lain untuk membangun koalisi menjelang Pilkada serentak kabupaten Malang tahun 2024.

Bahkan Andi menginformasikan bahwa ada pertemuan bakal calon kepala daerah se-Jawa Timur di Surabaya yang akan dihadiri Ketum PKB Muhaimin Iskandar dalam rangka halal bi halal.

"Terlepas Haji Sanusi hari ini (4 Mei 2024) mendapatkan undangan di halal bi halal dengan Ketum PKB di Surabaya, semuanya sama sama calon. Bu Latifah Calon N1, Abah Sanusi Calon N1 juga. Sekilas saya melihat ini tetap target dari Ketum PKB tetap N1 untuk Kabupaten Malang. Namun begitu hasil akhir keputusan N1 yang diusung PKB nanti diserahkan pada keputusan DPP-PKB," bebernya.

Andi menyampaikan, secara pribadi Latifah Shohib siap menjalankan perintah dari DPP PKB untuk ditugaskan sebagai apapun. Namun begitu berkaca dari hasil Pilkada 2020 lalu, ada permintaan agar PKB maju dalam kontestasi Pilkada Kabupaten Malang sebagai partai yang mengusung Calon Bupati Malang.

"Kalau berkaca pada Pilkada 2020 lalu, maka secara realistis Ibu Latifah menargetkan juga PKB untuk maju dalam Pilkada Kabupaten Malang. Saat ini partai yang mengusung calon Bupati, bukan calon Wakil Bupati," tandas AW.

Sebelumnya, di setiap kesempatan saat halal bi halal di Kecamatan maupun di desa, Sanusi yang juga menjabat Bupati Malang mengatakan dirinya mendapat mandat untuk maju kembali menjadi Calon Bupati. Bahkan Sanusi secara intens berkomunikasi dengan PKB menentukan calon Wakilnya.