Petugas Gabungan Amankan Terduga Pelaku Pencuri Besi Rel Kereta Api

"Saat ini, truk dan sejumlah barang bukti bersama sopir yang menjadi tersangka telah kita serahkan ke Polres Asahan untuk proses hukum lebih lanjut," ucap Dandim 0208/AS, Letkol Inf Franki Susanto, melalui Dan Unit Intel Kodim 0208/AS, Letda R Damanik

Petugas Gabungan Amankan Terduga Pelaku Pencuri Besi Rel Kereta Api
Truk pengangkut besi rel kereta api curian berada di Mapolres Asahan. (Foto : Agus Rifaldi/Narasinews.id)

Narasinews.id, ASAHAN - Petugas gabungan dari Polsuska PT KAI Divre Kisaran dan Kodim 0208/AS menangkap pelaku pencurian besi rel kereta api di Jalan Sudirman Kisaran, Jumat (24/2/2023). Dalam bersaksi menggunakan kendaraan Colt Diesel untuk mengangkut barang curian tersebut. 

Pengungkapan pencurian tersebut berasal dari informasi masyarakat bahwa telah terjadi pencurian besi rel kereta api di daerah Sentang Kisaran. Menerima informasi itu, Polsuska Kisaran dan Personel Kodim 0208/AS langsung bergerak menuju lokasi kejadian. 

Selanjutnya petugas langsung memberhentikan satu unit Colt Diesel bernopol BB 8248 RA bermuatan besi rel kereta api yang dikendarai oleh Suprianto, warga Pematang Siantar. Di dalam mobil tersebut didapati 50 batang rel kereta api dengan panjang 3,8 meter. Truk bersama sopir kemudian dibawa ke Makodim untuk dilakukan pemeriksaan.

Dandim 0208/AS, Letkol Inf Franki Susanto, melalui Dan Unit Intel Kodim 0208/AS, Letda R Damanik mengatakan, bahwa Kepala Pengamanan PT KAI Sumut-Aceh Kolonel Inf Asep, meminta agar tersangka dan barang bukti diproses hukum. "Saat ini, truk dan sejumlah barang bukti bersama sopir yang menjadi tersangka telah kita serahkan ke Polres Asahan untuk proses hukum lebih lanjut," ucapnya.

Dan Unit Intel Kodim 0208/AS menyebut, bahwa kronologis pencurian rel kereta api terjadi pada hari Kamis, (23/2/2023) sekitar pukul 22.00 WIB. "Pelaku berangkat dari Siantar menuju Kisaran bersama sama dengan Siregar saudara Paiman dan keempat masyarakat yang akan memuat rel kereta api di Kisaran dengan menggunakan Truk Colt Diesel dan mobil Avanza warna hitam," bebernya.

Pada hari Jumat (24/2/2023) sekitar pukul 00.30 WIB sindikat pencurian rel kereta api tersebut tiba di Kelurahan Sentang Kisaran di lokasi pencurian rel kereta api. Suprianto dan kawan-kawan kemudian memuat rel kereta api ke atas mobil Colt Diesel dan selesai pada sekira pukul 05.30 WIB. Sekitar pukul 05.45 WIB, sindikat pencurian bergerak dari lokasi pencurian menuju Pematang Siantar. 

"Tepatnya di Rel Kereta Api jalan Jenderal Sudirman Kisaran, sekitar pukul 06.00 WIB, saudara Suprianto dihadang oleh Tim Polsuska di bantu anggota Kodim 0208/AS dan langsung dibawa ke kantor Unit Intel Kodim 0208/AS untuk dimintai Keterangan," ujar Letda R Damanik. 

Lebih lanjut, Letda R Damanik menyampaikan, setelah dilaksanankan pemeriksaan diperoleh keterangan bahwa pencurian Rel KA telah terjadi berulang kali dengan mengangkat besi Rel KA dari Serbelawan Simalungun ke Siantar dgn menggunakan mobil Colt diesel nopol BB 8248 RA diduga atas suruhan Paiman. 

Letda R Damanik berharap, agar pengawasan dari pihak Stasiun KA Kisaran terhadap Rel KA lebih ditinkatkan. Sehingga tidak menimbulkan kesempatan kepada orang lain untuk mencuri rel kereta api. Perlu ada kerja sama dengan instansi lain dalam pengamanan rel Kereta Api. 

"Tidak adanya gudang khusus untuk penyimpanan Rel KA yang dapat menimbulkan pencurian oleh Sindikat pencurian Rel KA," pungkasnya. (*) 

*Reporter : Agus Rifaldi | Editor : Fathur Rozi