Pemkab Bondowoso Selenggarakan Latsar demi Bangun PNS Berkualitas

Pemkab Bondowoso Selenggarakan Latsar demi Bangun PNS Berkualitas
Bupati Salwa menghadiri Latsar CPNS di Pendopo RBA Kironggo. (Foto: Istimewa)

BONDOWOSO, NARASINEWS.ID – Pemerintah Kabupaten Bondowoso melaksanakan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Siipil (Latsar CPNS). Kegiatan tersebut diselenggarakan dengan tujuan untuk mencetak pegawai negeri sipil (PNS) yang professional dan berkarakter. Terntunya berlandaskan pada core values ASN dalam pelaksanaan tugas dan jabatannya sebagai pelaksana kebijakan hingga pelayan masyarakat di Kabupaten Bondowoso.

 

Kegiatan dilaksanakan sejak Maret hingga Nopember 2023 dalam tujuh gelombang. Hanya saja pembukaan Latsar dilakukan pada gelombang ke dua oleh Bupati Bondowoso, Drs KH Salwa Arifin di Pendopo RBA Kironggo, Selasa (23/5/2023).

 

Dalam kesempatan tersebut Bupati berharap para peserta bisa menjadi orang paling bersyukur karena menerima nikmat. Pihaknya juga ikut berbangga dan bersyukur karena sudah memasuki pelatihan.

 

“Pelatihan ini adalah hal yang sangat penting. Di mana nanti setelah pelatihan anda sudah lepas dari CPNS. Hilang C-nya tapi menjadi PNS. Mudah-mudahan semuanya ini bisa melepaskan dirinya dan tidak selamanya CPNS. Semua lulus menjadi PNS,” harap Bupati.

 

Bupati juga berharap semua peserta bisa melaksanakan tugas pelatihan yang disampaikan dari BKPSD (Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia) baik dari Provinsi maupun daerah.

 

“Ketentuan-ketentuannya harus diikuti agar anda yang ingin betul-betul lepas dari calon PNS memiliki kejujuran kebangsaan. Ini tentunya perlu menjadi karakter anda sejak sekarang menjadi PNS. Anda punya tugas untuk membangun Bondowoso,” tuturnya.

 

Untuk membangun Bondowoso bersama pemerintah yang sudah ada, maka diperlukan PNS orang yang memiliki loyalitas tinggi dan betul-betul siap menjadi pelayan.

 

“PNS adalah pelayan masyarakat. Anda harus siap menjadi pelayan masyarakat. Pelayan yang baik. Pelayan yang mampu melayani masyarakat. Itu sebenarnya tugas anda dari CPNS menjadi PNS,” tegas Bupati.

  

Di akhir sambutannya Bupati meminta para peserta Latsar mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab. “Siapkan tenaga sehingga tidak ada alasan kurang sehat,” ucapnya.

 

Sementara Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Fungsional dan Kultural BKPSDM Jawa Timur mengatakan bahwa kegiatan Latsar dilakukan dengan berlandaskan dengan surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Mental RT RI tanggal 12 April 2023 nomor 8 b b dari 769/m.01.0/2023. Di mana pelaksanaan pelatihan prajabatan, pelatihan dasar sampai dengan pengangkatan menjadi PNS.

 

”Hasil pengadaan formasi CPNS tahun anggaran 2018 sampai dengan tahun 2021 diperpanjang paling lambat akhir tahun 2023 pelatihan dasar CPNS dan model blender ditempuh selama 2,5 bulan melalui 4 tahapan. Diawali pembelajaran save learning, sistem learning ,sinkronus dan asinkronus aktualisasi di tempat kerja dan kelas,” paparnya.

 

Ditempat yang sama Kepala Bidang pengembangan Sumberdaya Manusia BPKSDM Bondowoso, M .Munir, menyampaikan bahwa jumlah keseluruhan peserta mencapai 290 orang.

 

”Dari 290 dibagi menjadi 7 angkatan. Terdiri dari golongan II dan golongan III secara keseluruhan ya. Secara keseluruhan itu paling banyak adalah dari tenaga kesehatan,” imbuhnya. (ADV/UDN)