Mas Dhito Dorong Iklim Keamanan dan Kenyamanan Pendidikan

“Kita minta semua Kepala Satuan Pendidikan baik jenjang PAUD SD maupun SMP untuk menciptakan iklim keamanan sekolah dan para guru juga diminta untuk menciptakan iklim pembelajaran yg nyaman dan aman,” kata Mas Dhito

Mas Dhito Dorong Iklim Keamanan dan Kenyamanan Pendidikan
Bupati Kediri saat mengunjungi Sekolah Di Kabupaten Kediri)

Narasinews.id -KEDIRI- Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana memastikan iklim keamanan sekolah di Kabupaten Kediri dalam kondisi baik. Hal ini menyusul banyaknya pemberitaan mengenai perundungan di berbagai daerah di Indonesia. 

Hal tersebut disampaikan Mas Dhito, sapaan akrabnya, melalui Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri Mokhamat Muksin pada Jumat, (29/9/2033). 

Menurutnya, untuk menjamin tidak adanya tindakan bullying atau perundungan terhadap siswa, perlu dibentuk suasana yang nyaman di lingkungan sekolah. 

“Kita minta semua Kepala Satuan Pendidikan baik jenjang PAUD SD maupun SMP untuk menciptakan iklim keamanan sekolah dan para guru juga diminta untuk menciptakan iklim pembelajaran yg nyaman dan aman,” katanya. 

Muksin mengatakan, sejauh ini terkait salah satu faktor yang menjadi penyebab perundungan seperti adanya indikasi geng sekolah ataupun antar sekolah tidak ditemukan di Kabupaten Kediri. 

Jika menemukan gejala maupun tindakan perundungan, lanjut Muksin, pihaknya meminta orang tua maupun masyarakat untuk melaporkan ke Dinas Pendidikan maupun melalui aplikasi Halo Mas bup. 

“Insya’allah (iklim keamanan pendidikan) masih aman,” jelas Muksin. 

Sebagaimana diketahui, Mas Dhito sangat mengecam keras pihak-pihak yang berani melakukan tindak bullying baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat. 

Hal ini pernah ditegaskannya diberbagai kesempatan seperti saat dirinya melantik kepala sekolah dan pejabat fungsional pada Mei 2023 lalu. 

Mas Dhito meminta agar kepala sekolah terus monitoring dan melakukan pencegahan untuk mengatasi persoalan yang kerab terjadi di lingkungan sekolah tersebut. 

“Di monitor kasus bullying di sekolahnya masing-masing. Tolong dicek, dilaporkan,” kata bupati yang akrab disapa Mas Dhito itu.(ADV/Dho)