Luncurkan Rumah Digital Si Ki-Be, Komitmen Kemenkumham DKI Ciptakan Semua Layanan Dalam Satu Genggaman
"Aplikasi ini merupakan suatu wadah untuk menghimpun seluruh layanan yang dimandatkan oleh Kementerian maupun Lembaga dalam upaya meningkatkan efisiensi, transparansi dan aksesibilitas layanan publik sebagaimana dengan arahan bapak Presiden RI Joko Widodo yang menginginkan birokrasi berdampak, birokrasi bukan tumpukan kertas serta birokrasi yang lincah dan cepat," ujar Ibnu.
JAKARTA, NARASINEWS.ID- Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta sampai saat ini terus konsisten berkomitmen meningkatkan kualitas layanan publik. Hal ini sejalan dengan peningkatan kualitas pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti hasil rapat kerja kepegawaian di Grand Mercure Kemayoran, pekan lalu.
Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham DKI Jakarta, Ibnu Chuldun memimpin pelaksanaan Kegiatan Penandatanganan Komitmen Bersama Pemutakhiran Data Simpeg yang dihadiri oleh Para Kepala Divisi, Para Pejabat Struktural dan Para Kepala Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Rabu (14/6).
Dalam acara ini, dirangkaikan dengan Soft Launching inovasi terbaru dalam mengelola dan menghimpun seluruh aplikasi yang dipergunakan oleh jajaran untuk mencapai target kinerja yang ditetapkan.
Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta sebagai mandatori dari beberapa Kementerian/Lembaga telah menerapkan berbagai aplikasi yang dikeluarkan oleh
Kementerian/Lembaga. Setidaknya terdapat 20 aplikasi dari Kementerian/Lembaga lain dan 29 aplikasi dari Unit Pusat Kemenkumham yang dikelola untuk melaksanakan tugas dan fungsi serta pencapaian target kinerja Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta.
Ibnu mengatakan, strategi pun dilakukan oleh Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta dalam penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang sedang digaungkan. 54 aplikasi existing lintas divisi dikelola oleh 48 pegawai yang kompeten dan mampu bertanggung jawab atas seluruh data dukung yang dibutuhkan.
Namun, apakah seluruh aplikasi membawa manfaat yang signifikan bagi masyarakat? Menyikapi hal tersebut, Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta melakukan sebuah terobosan dengan membangun aplikasi “Rumah Digital Si Ki-Be”.
"Aplikasi ini merupakan suatu wadah untuk menghimpun seluruh layanan yang dimandatkan oleh Kementerian maupun Lembaga dalam upaya meningkatkan efisiensi, transparansi dan aksesibilitas layanan publik sebagaimana dengan arahan bapak Presiden RI Joko Widodo yang menginginkan birokrasi berdampak, birokrasi bukan tumpukan kertas serta birokrasi yang lincah dan cepat," ujar Ibnu.
Dengan terobosan baru yang dilakukan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, masyarakat dan stakeholder diberikan kemudahan untuk mengakses layanan online pada Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta.
“Semua Layanan dalam Satu Genggaman" menjadi salah satu wujud yang menandai langkah maju dalam transformasi digital yang dilakukan oleh Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta serta berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat menuju pemerintahan yang lebih efisien, terakses dan terpercaya.
What's Your Reaction?