KPH Banyuwangi Barat Serahkan 1.000 Bibit Pohon

“Saya berharap kegiatan ini tidak semata-mata seremonial saja, tapi segera ditindak lanjuti dan diikuti oleh daerah daerah yang lain." ujar Kadisnakertran Banyuwangi, Abdul Kadir.

KPH Banyuwangi Barat Serahkan 1.000 Bibit Pohon
Jajaran Perhutani KPH Banyuwangi Barat, PTPN XII, Kejari dan Forkopimka Kalibaru melakukan penamaan pohon mahoni di Wilayah PTPN XII Kebun Jatirono, Afdeling Sumberbaru. (Foto : Emen/Narasinews.id)

Narasinews.id, BANYUWANGI - Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyuwangi Barat melakukan penanaman 1.000 bibit pohon, Selasa (7/12/2022). Acara tersebut dalam rangka peringatan hari tanam pohon sedunia. 

Penanaman dilakukan di Wilayah PTPN XII Kebun Jatirono, Afdeling Sumberbaru. 

Kadisnakertran Banyuwangi, Abdul Kadir, menyampaikan penanaman bersama ini diharapkan menjadi contoh bagi instansi lain dalam merawat dan menjaga alam agar tetap lestari. “Saya berharap kegiatan ini tidak semata-mata seremonial saja, tapi segera ditindak lanjuti dan diikuti oleh daerah daerah yang lain." ujarnya.

Kadir menyampaikan, Perlunya kesadaran lingkungan hidup untuk mencegah dan antisipasi bencana alam. “Penanaman hari ini adalah bentuk ikhtiar untuk keselamatan di masa yang akan datang dari bencana alam banjir dan tanah longsor. Kemudian dapat bermanfaat pada masyarakat sekitar. Semoga kedepan apa yang kita tanam hari ini mampu mencegah banjir dan erosi," tegasnya. 

Sementara itu, Adm Perhutani KPH Banyuwangi Barat, Dedy Siswandhi, mengatakan kegiatan penanaman bersama ini adalah sebagai bentuk pengabdian terhadap masyarakat dan lingkungan dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia.

"Ini juga merupakan wujud sinergitas BUMN Perhutani dan PTPN XII dengan melakukan penanaman bersama Kejaksanaan Negeri Banyuwangi, Dinas dan Instansi BUMN lain serta Forpimka Kecamatan Kalibaru," bebernya. 

Dedy mengungkapkan, bibit pohon yang ditanam adalah jenis mahoni. "Ke depan kami siap bekerjasama dengan pihak manapun untuk kegiatan penanaman bersama sebagai bentuk kepedulian Perhutani terhadap lingkungan dan sebagai wujud sinergitas dengan multi stake holder di Kabupaten Banyuwangi,” imbuhnya. (*) 

*Reporter : Emen | Editor : Fathur Rozi