Kapolda Pastikan Kabar Penculikan Anak di Jatim Hoaks

"Penculikan anak itu ada berita hoaks di beberapa tempat di Jawa Timur," jelas Irjen Pol Toni

Kapolda Pastikan Kabar Penculikan Anak di Jatim Hoaks
Kapolda Jatim, Irjen Pol. Toni Harmanto, memberikan keterangan pers kepada awak media. (Foto : Polda Jatim for Narasinews.id)

Narasinews.id, SURABAYA - Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol. Toni Harmanto, angkat bicara mengenai kabar penculikan anak yang masih duduk di bangku SD yang beredar luas di tengah masyarakat. Jenderal dua bintang dipundaknya ini menegaskan kalau itu hanya kabar bohong.

"Penculikan anak itu ada berita hoaks di beberapa tempat di Jawa Timur," jelas Irjen Pol Toni Harmanto, usai meresmikan rumah rembuh di Mapolda Jatim, Selasa (31/1/2023) siang.

Toni pun meminta tim Siber Polda Jatim yang dalam hal ini dalam naungan Direktorat Reserse Kriminal Khusus untuk berperan aktif menangkis berita hoaks yang beredar. "Kita juga melakukan takedown berita hoaks," katanya.

Menurut Toni, berita hoaks tidak bisa dibiarkan begitu saja. Terlebih, kabar itu menyangkut dengan keselamatan anak. "Ini akan menimbulkan satu kesesatan pemberitaan, memberikan kecemasan para orang tua," sambung dia.

Kendati kabar yang beredar itu dipastikan hoaks, Toni tetap menginstruksikan jajaran Korps Bhayangkara di Jatim agar tetap waspada. Karena tidak menutup kemungkinan, aksi penculikan anak itu terjadi di wilayah hukum Polda Jatim. 

"Kita akan proses pemberitaan hoaks itu. Sehingga ada langkah-langkah pencegahan," pungkas Toni. (*) 

*Reporter : Fathur Rozi