Hari Anak Universal: 44 Desa di Klaten Resmi Jadi Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak

Hari Anak Universal: 44 Desa di Klaten Resmi Jadi Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak

KLATEN, NARASINEWS.ID -  Puncak peringatan Hari Anak Universal (HAU) 2023, Pemerintah Kabupaten Klaten meluncurkan 44 Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA),  di Pendapa Klaten, Kamis (30/10/2023).

Peluncuran DRPPA ini ditandai dengan penandatanganan komitmen oleh Kades di 44 desa di Kabupaten Klaten, Kepala Dissosp3appkb, dan Asisten Administrasi Umum atas nama Bupati Klaten. 

Bupati Klaten yang diwakili Asisten Administrasi Umum Setda Klaten, Muh Himawan Purnomo menyampaikan peringatan HAU, guna mengingatkan bahwa anak bagian dari lingkungan sosial dan harus diberlakukan sebagaimana mestinya tanpa membedakan meskipun beda suku ras, agama, bangsa dan tempat tinggal atau negara.

 

Himawan menyebut peringatan HAU menjadi evaluasi atas kepedulian semua pihak termasuk pemerintah terhadap perlindungan dan pemenuhan hak anak. 

“Semoga momentum HAU menjadi sarana partisipasi untuk mewujudkan hak-hak anak. Membersamai mereka menuju masa depan yang lebih baik dan meningkatkan kepeduliaan kita dengan memastikan anak-anak di dunia tetap tangguh menghadapi tantangan masa depan,” jelas Sri Mulyani.

Sementara itu Kepala Dissosp3ppkb, Muh Nasir menyampaikan tujuan peringatan HAU sebagai upaya memajukan dan mendorong kesadaran masyarakat untuk pemenuhan hak anak. 

Ia juga memaparkan rangkaian HAU antara lain lomba film pendek, dengan tema “Stop Bullying” tanggal 9-27 November 2023, kampanye anti kekerasan pada 23 November 2023 di Pasar Gedhe Klaten,  sosialisasi peran anak sebagai pelapor dan pelopor pada 24 November 2023 di Kantor Desa Tegalyoso, Rakor Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak (KLA) 28 November 2023. 

Rangkaian puncak HAU semakin meriah dengan unjuk bakat dari siswa-siswi pelajar di Kabupaten Klaten seperti menyanyi, menari, main alat musik biola, dan masih banyak lagi.

Acara tersebut juga bertabur penghargaan dengan pemberian piala dan piagam lomba film pendek “Stop Bullying”. 

Tingkat SMP/MTS, juara I, II, dan III berurutan dimenangkan SMPN 1 Pedan, SMPN 6 Klaten, dan SMPN 1 Pangudi Luhur. Untuk tingkat SMA, Juara I, II dan III, yakni SMAN 2 Klaten, MA Al Muttaqin, dan SMAN 1 Polanharjo. 

Sedangkan tingkat SMK, juara I SMK Rota Bayat, Juara II SMKN 1 Jogonalan, dan Juara III SMK 2 Klaten. Selanjutnya juara favorit diraih SMPN 3 Bayat.

Turut hadir jajaran Forkopimda, Asisten Administrasi Umum, Ketua DWP, Ketua TP PKK, Ketua Gayatriwara, Kepala OPD, camat, kepala desa, guru, dan para pelajar di Kabupaten Klaten.