Para Istri Pejabat Pemkab Klaten Diperiksa IVA dan Sadanis Gratis

Para Istri Pejabat Pemkab Klaten Diperiksa IVA dan Sadanis Gratis

KLATEN, NARASINEWS.ID -  Para istri pejabat di lingkungan Pemkab Klaten diberi pemeriksaan gratis deteksi dini kanker rahim dan payudara, Selasa (28/11/2023) di RSUD Bagas Waras Klaten. 

Mereka yang tergabung dalam Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Klaten, ini memperingati hari Kesehatan Nasional ke-59, Hari Ibu, dan HUT ke-24 DWP.

Dalam pemeriksaan Inspeksi Visual Asetat (IVA) dan pemeriksaan Payudara Klinis (Sadanis) ini akan bisaa mendeteksi dini kanker serviks dan payudara.

Ketua DWP Kabupaten Klaten, Efi Jajang Prihono, menyampaikan pemeriksaan Iva tes dan Sadanis merupakan kerjasama DWP, dengan Dinas Kesehatan serta RSUD Bagas Waras, Kabupaten Klaten. 

“Peserta yang mengikuti pemeriksaan di RSUD Bagas Waras terdiri dari ASN putri, anggota DWP dari badan, dinas, dan instansi vertikal. Sedangkan anggota DWP di 26 kecamatan akan dilaksanakan pemeriksaan juga mulai hari (28-10 Desember 2023) di Puskemas wilayah masing-masing,” kata Efi.

Efi menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah untuk mendeteksi dini penyakit kanker leher rahim.

"Harapannya anggota dan pengurus DWP terbebas dari penyakit kanker leher rahim,” jelas Efi.  

Turut hadir Bupati Klaten, Sri Mulyani, langsung meninjau pemeriksaan IVA dan Sadanis. 

“Kita harap semua sehat dan bisa mendampingi para suaminya di Pemkab Klaten dengan semangat. Ini upaya bagus bagi kaum perempuan. Terimakasih DWP Klaten dan RSUD Bagas Waras Klaten. Selamat Hari Ibu,” jelas Sri Mulyani. 

Terlihat seluruh peserta sebelum melaksanakan pemeriksaan IVA dan Sadanis diberikan pengarahan dan mengisi formulir. 

Selanjutnya seluruh peserta dilakukan pemeriksaan secara bergilir.