Asupan Sehat Dapat Ciptakan Generasi Emas

Asupan Sehat Dapat Ciptakan Generasi Emas

GAYO LUES, NARASINEWS.ID - Pentingnya asupan sehat dan komplit akan menciptakan generasi emas yang diidam-idamkan.

Maka dari itu pentingnya sosialisasi terkait konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang, dan aman (B2SA) bagi masyarakat. 

Menurut Kepala Dinas Pangan dan Perikanan, Ibnu Hafit, Rabu (29/11/2023), bersama Persagi Cabang Kabupaten Gayo Lues (Persatuan Ahli Gizi Indonesia), penyuluhan menggalakkan wawasan soal pola hidup sehat demi atasi persoalan stunting di kabupaten. 

Peserta penyuluhan terdiri dari kader desa perwakilan tiap kecamatan di Gayo Lues, masyarakat miskin ekstrem dan ibu-anak yang mengidap stunting.

 Sosialisasi akan berlangsung selama 5 hari, mulai Rabu 29 November hingga 6 Desember 2023, secara bergilir di 5 kecamatan dengan total 305 peserta dari total 11 kecamatan. 

Selain pemberian materi soal hidup sehat dan penanganan stunting, dinas pangan juga memberikan kesempatan bagi peserta untuk unjuk kebolehan memasak makanan sehat. 

Lebih lanjut Ibnu Hafit mengatakan makanan sehari-hari itu harus mengandung gizi lengkap, dan beragam. 

Konsumsi pangan itu biaa berbasis sumberdaya lokal yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. 

Dengan menerapkan B2SA ini kebutuhan anak dapat disesuaikan dengan kemampuan keluarga dengan cita rasa dan kandungan yang baik.

Dia juga berharap para peserta penyuluhan dapat menjadi pionir perubahan di masyarakat. 

Lebih lanjut, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan dinas terkait lain untuk menyisir data miskin ekstrem dan terus aktif dalam upaya penurunan angka stunting di kabupaten.

Hal serupa juga disampaikan oleh Hajjah Supriyati Jata selaku Ketua Dharmawanita Kabupaten Gayo Lues, mengajak para kader desa dan para anggota PKK aktif menyebarluaskan ilmunya pada pertemuan tersebut.

“Ibu-ibu sekalian usai acara ini, ilmunya jangan disimpan sendiri, bagilah ilmu yang yang diperoleh di sini, khususnya kepada ibu-ibu rumah tangga. Sehingga secara kolektif kita semua berkontribusi menyongsong generasi emas bagi Gayo Lues," ujarnya.