Dinas Pendidikan Malang Berhasil Dorong Sekolah-sekolah Raih Prestasi

Dinas Pendidikan Malang Berhasil Dorong Sekolah-sekolah Raih Prestasi
Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto (tengah)didampingi Kepala Dinas Pendidikan Suwadji (kanan) secara simbolis menerima bantuan pendidikan dari Bank BRI Peduli. (Foto: Suseno/Narasinews.id)

NARASINEWS.ID -  Upaya pengembangan talenta anak muda agar memiliki kreativitas dan inovasi dilakukan Dinas Pendidikan Kabupaten Malang. Hal tersebut lun membuahkan hasil. 

Pada Hari Pendidikan Nasional tahun 2024, beberapa lembaga sekolah tingkat SMP meraih prestasi tingkat Nasional dan Internasional dengan bekerjasama dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singosari dalam pengembangan IT di Kabupaten Malang.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan, Suwadji, di Kabupaten Malang ada 10 SMPN yang bekerja dengan KEK Singosari dalam pengembangan Informasi Teknologi (IT) untuk mengikuti pendidikan Internasional.

"Ada siswa siswi dari 10 SMPN yang mengikuti pendidikan Internasional. Alhamdulillah kita meraih prestasi. Ada SMPN Tumpang, Singosari, Karangploso dan SMPN Lawang beberapa waktu kerjasama dengan KEK Singosari bidang IT," ungkap Suwadji di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Kamis (2/05/2024).

Suwadji menambahkan, dunia pendidikan di Kabupaten Malang ini telah membuka ruang wawasan secara global dengan beberapa waktu lalu lembaga sekolah mengikuti pendidikan Internasional.

"Tujuannya apa dengan membuka ruang wawasan secara global dan berprestasi. Ini terus kita kembangkan karena kita memiliki talenta yang mumpuni," kata Suwadji.

Lembaga sekolah ingin memiliki dan melahirkan siswa siswi unggulan dengan pengembangan kompetensi guru dengan siswa unggulan. Dan Disdik Kabupaten Malang akan menerapkan Sekolah Tematik Unggulan.

"Dengan penerapan Sekolah Tematik Unggulan, kami ingin lembaga sekolah yang ada di Kabupaten Malang bisa melahirkan siswa siswi unggulan dengan pengembangan kompetensi guru," tegas Suwadji.

Selain itu, Pemkab Malang akan menerapkan pogram 'Malang Mengkaji'. Nantinya jam pelajaran pertama siswa siswi di sekolah akan didampingi para guru untuk mengaji sekitar satu jam pelajaran dan pendalaman agama Islam.

"Program ini merupakan kurikulum muatan lokal yang merupakan pendidikan karakter. Insyaallah akan dilaunching pada (30/05) di SDN 4 Panggungrejo Kepajen," tandasnya.

Sebelumnya, dilaksanakan upacara bendera Hari Pendidikan Nasional yang dipimpin oleh Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto yang diikuti Forkopimda, perwakilan guru, siswa siswi dan ASN Pemkab Malang, beliau juga membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Pada kesempatan tersebut, Wabup Malang  memberikan penghargaan-penghargaan kepada insan Pendidikan Pemerintah Kabupaten Malang dan menyerahkan penghargaan kepada SD dan SMP di Kabupaten Malang atas prestasinya di tingkat regional, nasional dan internasional. Di antaranya juara The Grand Award ICIA 2023 Digital International Challence tingkat International yang diraih oleh SMPN 4 Kepanjen, Gold Award ICIA 2023 Innovation Award diraih oleh SMPN 1 Karangploso serta The Silver Award ICIA 2023 Digital Innovation Challenge diraih oleh SMPN 4 Kepanjen.