Gubernur Khofifah dan Bung Karna Lepas Ratusan Peserta Mudik Gratis Via Pelabuhan Jangkar

"Di mana Bunda Khofifah Indar Parawansa selalu mengalokasikan anggaran untuk mudik gratis dari Situbondo menuju Pulau Ra'as," ucap Bung Karna

Gubernur Khofifah dan Bung Karna Lepas Ratusan Peserta Mudik Gratis Via Pelabuhan Jangkar
Gubernur Khofifah dan Bung Karna bersiap menyampaikan keterangan pers kepada awak media. (Foto : Fathur Rozi/Narasinews.id)

Narasinews.id, SITUBONDO - Bupati Situbondo, Karna Suswandi mendampingi Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, melepas pemberangkatan ratusan warga yang menjadi peserta mudik gratis via kapal laut dari Pelabuhan Jangkar menuju Pulau Ra'as Madura, Kamis (20/4/2023). 

Dalam kesempatan tersebut, Bupati yang akrab disapa Bung Karna ini mengapresiasi Pemprov Jawa Timur yang rutin menggelar mudik gratis. "Di mana Bunda Khofifah Indar Parawansa selalu mengalokasikan anggaran untuk mudik gratis dari Situbondo menuju Pulau Ra'as," ucapnya. 

Lebih lanjut, Bung Karna mengatakan, program tersebut sangat membantu masyarakat Ra'as yang bekerja di Kabupaten Situbondo maupun sekitarnya. "Karena ini jelas meringankan para pemudik dan mereka bisa ketemu dengan keluarga di kampung halaman," tegas pria asal Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa ini. 

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menjelaskan ada 250 orang yang menjadi peserta mudik gratis via via kapal laut dari Pelabuhan Jangkar menuju Pulau Ra'as Madura. "Tadi juga ada 195 kendaraan roda dua milik pemudik yang juga diangkut," bebernya. 

Lebih jauh, Gubernur Khofifah menerangkan, pada tanggal 18 April kemarin, dirinya juga memberangkatkan peserta mudik gratis dari Jakarta menuju kabupaten/kota yang ada di Jawa Timur. "Kemudian tanggal 19 April, kita memberangkatkan 90 bus dari Halaman Kantor Dishub Provinsi Jawa Timur ke 15 rute," ujarnya. 

Mantan Mensos RI ini mengungkapkan, seluruh rute darat dikawal mobil Patwal Polda Jawa Timur. "Artinya masyarakat ini mendapatkan armada yang aman, layak, dan full AC. Berikutnya mereka menjadi warga kelas VVIP semua, karena dikawal oleh mobil Patwal Polda Jawa Timur," pungkasnya. 

Khofifah menegaskan, kenyamanan dan keamanan peserta mudik gratis menjadi hal utama. "Sehingga mereka bisa selamat sampai tujuan. Dan saya ucapkan selamat menyambut hari raya Idul Fitri 1444 Hijriyah. Mohon maaf lahir dan batin, mudah-mudahan puasa kita diterima oleh Allah SWT," tutupnya. (*/adv) 

*Reporter : Fathur Rozi