Gayo Lues Kedatangan Aspidmil Kejati Aceh, Pj Bupati Beri Sambutan Hangat

“Kedatangan Aspidmil dan rombongan di Kejaksaan Negeri Gayo Lues sudah ditunggu jauh-jauh hari. Karena kami lihat memang tinggal Kejari Gayo Lues yang belum bapak kunjungi. Saya atas nama Kepala Kejaksaan Negeri Gayo Lues serta seluruh pegawai memohon maaf apabila dalam penyambutan ada yang kurang berkenan. Semoga bapak beserta rombongan nyaman selama berada di Gayo Lues,” ujar Ismail Fahmi

Gayo Lues Kedatangan Aspidmil Kejati Aceh, Pj Bupati Beri Sambutan Hangat
Foto bersama dalam momentum kedatangan Aspidmil Kejati ke Gayo Lues. (Foto: Istimewa)

NARASINEWS.ID, GAYO LUES – Asisten Pidana Militer (Aspidmil) Kejati Aceh, Kolonel Laut Joko Sutikno melakukan kunjungan kerja ke Gayo Lues, Kamis (20/5/2023). Kedatangan tamu besar tersebut mendapat sambutan hangat dari Pj Bupati Gayo Lues.

Kedatangan Aspidmil ke Gayo Lues tak lain dalam rangka sosialisasi dan koordinasi teknis penanganan perkara koneksitas dan yang berpotensi koneksitas di Wilayah Hukum Kejaksaan Negeri Gayo Lues.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Gayo Lues, Ismail Fahmi, dalam sambutannya mengucapkan terimakasih dan menyampaikan kalimat selamat datang kepada Aspidmil Kejaksaan Tinggi Aceh Bersama rombongan

“Kedatangan Aspidmil dan rombongan di Kejaksaan Negeri Gayo Lues sudah ditunggu jauh-jauh hari. Karena kami lihat memang tinggal Kejari Gayo Lues yang belum bapak kunjungi. Saya atas nama Kepala Kejaksaan Negeri Gayo Lues serta seluruh pegawai memohon maaf apabila dalam penyambutan ada yang kurang berkenan. Semoga bapak beserta rombongan nyaman selama berada di Gayo Lues,” ujarnya.

Sementara Pj Bupati Gayo Lues, Drs. H.Alhudri, dalam sambutannya juga mengucapkan terimakasih atas kehadiran Aspidmil Kejati Aceh di kabupaten yang dikenal dengan negeri seribu bukit dan negeri seribu hafidz. Kami berharap letih dan lelah bapak beserta rombongan ketika menuju ke Gayo Lues dapat terbayarkan dengan kondisi alam yang indah. Selain itu juga keramahan para penduduknya,” ucapnya.

Sementara Aspidmil Kejati Gayo Lues dalam sambuatan dan sosialisasi menyampaikan jika Asisten Pidana Militer dipimpin oleh seorang perwira TNI aktif. Begitupula dengan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Militer. “Saat ini untuk Jaksa yang mengurus urusan pidana militer hanya ada di Provinsi. Yaitu Kejati, dan di ibukota yaitu Kejagung,” tuturnya.

Adapun tugas pokok dan fungsi yang diberikan kepada Aspidmil adalah menangani perkara koneksitas. Baik dalam perkara tindak pidana umum, tindak pidana militer, maupun tindak pidana khusus.

“Perkara koneksitas yang menjadi fungsi Aspidmil adalah perkara pidana yang pelakunya lebih dari seorang. Terdiri dari unsur masyarakat sipil dan oknum prajurit TNI. Sehingga tentunya ini melibatkan berbagai lembaga penegak hukum. Diharapkan dengan terbentuknya struktur baru Pidana Militer pada Kejaksaan, dapat menjawab berbagai kendala prosedur administrasi peradilan pidana pada acara pemeriksaan koneksitas dan penguatan teknis penyidikan serta penuntutan pada peradilan militer, diharapkan dengan itu tidak terjadi disparitas dalam penanganan perkara,” urainya.

Reporter: M Sumardi | Editor: Izzul Muttaqin