Diterjang Angin Kencang, Pohon Sengon Tumbang, Timpa Rumah Warga Situbondo

"Saat kejadian korban sedang berada di bilik depan rumah. Dia terkejut mendengar suara benda jatuh dan langsung keluar rumah untuk menyelamatkan diri," beber Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Situbondo, Puriyono.

Diterjang Angin Kencang, Pohon Sengon Tumbang, Timpa Rumah Warga Situbondo
Kakek Paeman berdiri di depan rumahnya yang roboh akibat diterjang angin kencang. (Foto : BPBD Situbondo for Narasinews.id)

Narasinews.id, SITUBONDO - Pohon sengon yang ada di Kampung Kom, Desa Wringinanom, Kecamatan Panarukan, Situbondo, tumbang hingga menimpa rumah milik Paeman, Kamis, (17/11/2022). Peristiwa tersebut terjadi akibat angin kencang yang melanda wilayah setempat dan akar pohon yang rapuh. 

Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Situbondo, Puriyono mengatakan, kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 19.00 WIB. "Tiba-tiba saja angin kencang yang disertai dengan hujan gerimis melanda Desa Wringinanom," ucapnya. 

Tiba-tiba saja pohon sengon yang ada di pekarangan rumah korban tumbang hingga menimpa rumah pria 92 tahun tersebut. "Saat kejadian korban sedang berada di bilik depan rumah. Dia terkejut mendengar suara benda jatuh dan langsung keluar rumah untuk menyelamatkan diri," bebernya.

Anggota Pusdalops BPBD Situbondo yang menerima laporan tersebut bergegas menuju lokasi kejadian. Dengan dibantu oleh Personel Polsek Panarukan, relawan dan warga mereka melakukan pemotongan batang pohon sengon  dengan menggunakan gergaji mesin (Chain Saw -red). 

"Alhamdulillah sekira pukul 21.25 WIB, proses penanganan pohon yang tumbang selesai dilakukan," ujar Puriyono. 

Beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka akibat kejadian tersebut. "Namun rumah korban mengalami kerusakan dengan katagori berat. Sehingga Pak Paeman mengalami kerugian meteril sekitar Rp10 juta," pungkas Puriyono. (*) 

*Reporter : Fathur Rozi | Editor : Izzul Muttaqin