Bus Rombongan MA Al Azhar Depok Terlibat Kecelakaan Beruntun di Lereng Gunung Bromo

"Karena rem blong dan berakibat tabrakan beruntun, bus menabrak empat mobil dan sepeda motor. Bus itu juga menyeret korban dari pasar kurang lebih satu kilometer," terang AKP Sapari

Bus Rombongan MA Al Azhar Depok Terlibat Kecelakaan Beruntun di Lereng Gunung Bromo
Bus yang mengangkut rombongan MA Al Azhar Depok terlibat kecelakaan beruntun di Lereng Gunung Bromo. (Foto : Raphel/Narasinews.id)

Narasinews.id, PROBOLINGGO – Bus Pariwisata Gracias dengan Nopol D 7849 AQ yang membawa rombongan dari MA Al Azhar Depok mengalami kecelakaan ketika turun dari Wisata Gunung Bromo, Selasa (7/3/2023). Insiden tersebut terjadi di Jalan Raya Bormo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo. Beruntung dalam Laka Lantas beruntun tersebut tidak sampai menelan korban jiwa. 

Kasat Lantas Polres Probolinggo, AKP Sapari, mengatakan Laka Lantas tersebut juga melibatkan lima kendaraan. "Karena rem blong dan berakibat tabrakan beruntun, bus menabrak empat mobil dan sepeda motor. Bus itu juga menyeret korban dari pasar kurang lebih satu kilometer," terangnya.

Para korban kecelakaan beruntun tersebut kemudian dievakuasi ke Puskesmas terdekat dan RSUD Tongas, serta RSUD Dr Moh Saleh, Kota Probolinggo.

Sapari menyampaikan, sopir bus nahas tersebut sengaja menabrak kendaraan lain dengan tujuan untuk menghentikan laju busnya. "Namun karena hampir sejauh satu kilometer belum berhenti, akhirnya si sopir bus ini melihat parit dan dia banting kemudinya ke kiri jalan barulah bus bisa berhenti,” ucapnya.

Hingga kini pihak Satlantas Probolinggo masih memeriksa supir bus tersebut dan mendalami penyebab kecelakaan itu. "Sementara ini korban ada enam. Dua luka ringan; dua lluka berat dirujuk ke RSUD Tongas; dan dua lluka sedang dirujuk ke RSUD Dr Moh Saleh Kota Probolinggo," tandasnya.

Berikut data korban yang mengalami luka ringan dan dirujuk ke Puskesmas Lumbang.

1. Winda, 15 tahun, alamat Tandonsentol

2. Citra, 8 tahun, alamat Purut

3. Muhammad Riski Arifin, 28 tahun, alamat Kota Probolinggo

4. Muhammad Choiril Anwar, 25 tahun, alamat Jalan Amir Hamzah, Lingkungan Pakis, Pakistaji, Wonoasih Kota probolinggo

5. Irwanto, alamat Purut, rujuk

6. Martoyo, alamat Negororejo. (*) 

*Reporter : Raphel | Editor : Fathur Rozi