Bupati Kediri Dampingi Mentan Tanam Kelapa Genjah

"Kelapa itu banyak sekali manfaatnya, airnya bisa diminum, dagingnya bisa dijadikan minyak atau santan, tempurungnya bisa dijadikan arang dupa yang bisa diekspor, (diambil) serabutnya, bahkan pelepahnya itu sangat penting," kata Syahrul Yasin Limpo

Bupati Kediri Dampingi Mentan Tanam Kelapa Genjah
Mas Dhito menanamkelapa genjah kluster pekarangan di Desa Kanyoran, Kecamatan Semen. (Foto : Fedho/Narasinews.id)

Narasinews.id, KEDIRI- Menteri Pertanian (Mentan) RI, Syahrul Yasin Limpo bersama Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana, melakukan penanaman kelapa genjah kluster pekarangan di Desa Kanyoran, Kecamatan Semen, Kamis (9/2/2023). 

Penanaman kelapa genjah di Kabupaten Kediri ini merupakan bagian program pengembangan 1 juta batang secara nasional yang dicanangkan Presiden Joko Widodo. Program pengembangan kelapa genjah yang telah dimulai pada 2022 lalu, Kabupaten Kediri mendapatkan target sebanyak 24.090 batang kelapa genjah pada lahan seluas 219 hektar. 

Bibit kelapa genjah dibagikan kepada 2.444 KK dengan sasaran pengembangan pekarangan 60 persen dan kawasan 40 persen. Pada awal 2023 ini diberikan bibit lebih dari 10.000 batang kepada masyarakat melanjutkan bantuan bibit tahun 2022 sekitar 10.100 batang. 

Syahrul Yasin Limpo menyampaikan, kelapa genjah varietas Pandan Wangi yang dibagikan kepada masyarakat tersebut hanya memiliki ketinggian 4 meter. Pada usia 2,5 sampai 3 tahun kelapa ini sudah mulai berbuah dan dalam satu tahun satu pohon bisa berbuah antara 140 sampai 180 butir. 

"Kelapa itu banyak sekali manfaatnya, airnya bisa diminum, dagingnya bisa dijadikan minyak atau santan, tempurungnya bisa dijadikan arang dupa yang bisa diekspor, (diambil) serabutnya, bahkan pelepahnya itu sangat penting," katanya.

Pengembangan penanaman kelapa genjah itu ke depan diyakini dapat mewujudkan hilirisasi kelapa yang memiliki banyak produk turunan. Rencana Kementerian Pertanian, lanjut Syahrul, sampai dengan 2024 akan terus dikembangkan 10-20 juta batang kelapa genjah.

"Saya berharap 20 juta (batang) membuat Indonesia sesuai perintah bapak presiden kembali menjadi negara nyiur melambai," beber Polisi Partai NasDem ini.

Sesuai arahan Syahrul, penanaman kelapa genjah itu dapat diintegrasikan dengan tanaman lain seperti jagung, kedelai maupun jenis tanaman lain. Usai melakukan penanaman bersama Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana dan Syahrul Yasin Limpo berdialog dengan petani diteruskan mencoba peralatan tanam bibit jagung di antara tanaman kelapa.

Selain penanaman kelapa genjah, Syahrul Yasin Limpo didampingi Dirjen Perkebunan Andi Nur Alamsyah bersama Bupati Hanindhito Himawan Pramana menyerahkan bantuan kepada kelompok tani di Kabupaten Kediri bertempat di Pendapa Panjalu Jayati. 

Bantuan diberikan secara simbolis berupa benih kelapa genjah lebih dari 10.000 batang, benih kopi 100.000 batang, benih jeruk 5000 batang, satu unit pengolahan hasil kopi, dan 50 ekor kambing. 

Mas Dhito, sapaan akrab Bupati Kediri mengungkapkan, selain bantuan itu, Kementerian Pertanian juga telah memberikan bantuan infrastruktur pendukung pertanian. Seperti dam, parit, pompa submersible, irigasi tersier, dan jalan usaha tani. "Saya berharap petani penerima manfaat dapat menggunakan bantuan yang diberikan secara maksimal dan untuk kepentingan bersama," tuturnya. (*) 

*Reporter : Fedho | Editor : Fathur Rozi